oleh

Akibat Percaya Mitos, Pria di Tiongkok Potong Jarinya Setelah Digigit Ular

Kabar6-Mitos yang beredar dalam masyarakat sering kali dijadikan alasan sesorang saat melakukan sesuatu yang terlihat konyol, bahkan tidak maksud akal. Salah satunya adalah seperti yang dilakukan seorang pria di Tiongkok ini.

Pria bernama Zhang (60) yang juga seorang petani di Shangyu, Provinsi Zhejiang, itu nekat memotong jari tangannya setelah digigit oleh ular berbisa. Kisah ini menjadi viral setelah diunggah ke media sosial Weibo, yang juga memperlihatkan foto rontgen jari yang dipotong.

Berawal ketika Zhang yang tengah berada di lereng gunung, melansir SCMP, digigit seekor ular yang diyakini sebagai ular ‘lima langkah’. Dalam mitos setempat disebutkan bahwa jika seseorang tergigit oleh ular lima langkah dan tidak menghilangkan bisanya, maka orang tersebut akan mati ketika sudah melangkah sebanyak lima kali.

Demi mendapatkan perawatan sekaligus pengobatan medis, Zhang harus melakukan perjalanan sejauh 80 kilometer untuk sampai ke rumah sakit. Nah, dalam perjalanan itulah Zhang bertindak nekat dengan memotong jari tangannya mengikuti mitos yang ditakininya.

Dr Ren Jinping menjelaskan bahwa kondisi Zhang baik-baik saja saat di rumah sakit, kecuali bagian jarinya. Zhang tidak menunjukkan gejala seperti sakit kepala, kesulitan bernapas atau pendarahan dari gusi. Meskipun begitu, Dr Jinping memberinya serum antiracun dan membersihkan lukanya.

Tim dokter di Rumah Sakit Pengobatan Tradisional Tiongkok, Hangzhou, menyayangkan sikap gegabah Zhang karena telah menghilangkan jarinya sendiri. Mereka menjelaskan bahwa Zhang salah paham karena ular lima langkah ternyata tidak mematikan seperti yang dikatakan mitos tadi.

Ular lima langkah yang diidentifikasi sebagai spesies Deinagkistrodon acutus memang memiliki bisa, namun tidak cukup kuat untuk membuat Zhang mati.

Hal yang menydihkan, jari tangan Zhang tidak dapat dipasang kembali karena ia meninggalkannya di lereng gunung. ** Baca juga: Seorang Pria di Australia Biarkan Lengannya Digigit Ular Piton Sepanjang 1,2 Meter

Waduh…(ilj/bbs)

Berita Terbaru