oleh

Ribuan Pencaker Serbu Disnakertrans, Potret Tingginya Pengangguran di Banten

image_pdfimage_print

Kabar6-Ribuan pencari kerja (pencaker) menyerbu kantor Disnkakertrans Banten,KP3B, Kota Serang, Jumat 6 September 2024.

Ribuan pencaker ini sudah datang ke lingkungan pendopo gubernur di KP3B sejak pagi hari untuk melamar pekerjaan yang tengah dibuka oleh perusahaan ritel Alfamart.

Mereka mengantri untuk menyerahkan berkas lamaran kerja yang dibuka Disnakertrans Banten disana. Namun, antrian terlalu membludak. Terpaksa, mereka dialihkan ke kantor Disnakertrans Banten.

Mereka membawa amplop coklat berisikan surat lamaran kerja. Bahkan, bukan cuman dari Banten, tapi ada juga pencaker dari luar Banten.

**Baca Juga:Calon Yang Tak Diusung, Dilarang Gunakan Fasilitas Dan Mesin Golkar

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Alfamart sendiri hanya membuka 200 lowongan kerja saja. Namun, mereka yang mendaftar lebih dari 10 kali lipat.

Membludaknya Pencaker tersebut merupakan potret tingginya angka pengangguran di tanah jawara.

Dimana Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tingkat pengangguran terbuka di Provinsi Banten tertinggi dibanding daerah lainnya di Indonesia.

Berdasarkan hasil survei angkatan kerja nasional (Sakernas) bulan Februari 2024. Banten memiliki 6,05 juta juta angkatan kerja.

Dari jumlah itu, 5,63 juta orang masuk kategori bekerja dan sisanya pengangguran terbuka mencapai 7,02 persen atau 425.000 orang.

Sementara, Kepala Bidang Perencanaan, Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Yuni Stiasari mengatakan, Disnakertrans Banten hanya memfasilitasi proses rekrutmen yang dibuka Alfamart.

“Rekrutmen Alfamart pa, kita hanya memfasilitasi saja,” ujarnya.

Yuni mengakui jika pendaftar yang sudah datang lebih dari ribuan orang. Mereka berasal dari berbagai daerah, mayoritasnya mereka merupakan para fresh graduate yang baru lulus sekolah.(Aep)

Print Friendly, PDF & Email