oleh

Peneliti di Belanda Ungkap Usia Hidup Maksimal Manusia

image_pdfimage_print

Kabar6-Ahli statistik di Universitas Erasmus Tilburg dan Rotterdam mempelajari data dari 75 ribu orang yang meninggal di Belanda dalam 30 tahun terakhir. Hasilnya, mereka menemukan batas maksimal masa hidup seorang wanita adalah 115,7 tahun. Sementara untuk pria yaitu 114,1 tahun.

“Rata-rata, orang hidup lebih lama, tapi yang paling tua di antara kita belum bertambah tua selama tiga puluh tahun terakhir. Pasti ada semacam tembok di sini. Tentu saja, rata-rata harapan hidup meningkat. Namun demikian, batas maksimalnya telah meningkat. tidak berubah,” ungkap Profesor John Einmahl, satu dari tiga ilmuwan yang melakukan penelitian tersebut.

Penelitian ini, melansir Yahoo, bukan tentang harapan hidup, melainkan umur yang digunakan untuk menentukan berapa lama seseorang dapat hidup selama mereka menjaga diri mereka sendiri. Temuan ini berkorelasi dengan penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat (AS), di mana para peneliti menemukan rentang umur yang serupa.

Penelitian tersebut menentukan bahwa umur maksimal seseorang berada di angka sembilan puluhan dan kemungkinan tidak akan melebihi 115 tahun. Namun, angka-angka tersebut tidak berlaku bagi Jeanne Louise Calment, wanita Prancis yang hidup selama 122 tahun.

Pemegang rekor dunia adalah orang tertua yang pernah hidup, lahir pada 1875 dan meninggal pada 1997.(ilj/bbs)

Print Friendly, PDF & Email