oleh

5 Tanaman yang Disebut Punya Keunikan Khusus

Kabar6-Ada banyak jenis tumbuhan dengan ciri khas atau keunikan tersendiri. Sebagian hanya bisa hidup di daerah bersuhu dingin, atau sebaliknya panas, selebihnya dapat berkembang di mana saja.

Nah beberapa tanaman berikut disebut memiliki hal unik bahkan cenderung aneh. Dikutip dari beberapa sumber, ini dia lima jenis tanaman yang dimaksud:

1. Welwitschia Mirabilis
Disebut sebagai tumbuhan paling tangguh di dunia. Tumbuhan asli Namibia ini hanya memiliki dua daun, satu batang dan sistem akar. Hal yang unik, dua daun tadi terus tumbuh sampai akhirnya mirip Alien. Batang tanaman ini makin lama akan makin tebal, tapi tidak meninggi. Tinggi maksimum tanaman ini hanya dua meter saja, dan lebarnya dapat mencapai delapan meter.

Usia tanaman ini bisa mencapai 400 hingga 15 abad. Welwitschia Mirabilis bisa hidup terus tanpa hujan selama lima tahun lamanya. Selain itu, tanaman yang dalam bahasa Namibia disebut Onyanga (Bawang Padang Pasir) ini ternyata enak untuk dikonsumsi, baik dimakan mentah maupun dimasak dalam bara.

2. Dionaea Muscipula
Merupakan tanaman karnivora paling terkenal, karena aktivitas dan efisiensinya dalam menangkap mangsa. Pasangan ‘Daun’ yang menjadi ciri khas tanaman ini adalah perangkap yang memiliki rambut ultra sensitif, dapat merasakan adanya hewan atau serangga kecil yang datang. Begitu rambut di daun ini tersentuh, maka daun akan menutup dan memerangkap hewan apapun yang mendekatinya.

3. Rafflesia Arnoldii
Merupakan bunga terbesar di dunia. Ukuran bunganya dapat mencapai satu meter, dan beratnya bisa mencapai delapan 8-12 kg. Sayangnya, bunga ini tidak wangi, malah cenderung berbau busuk, hingga disebut bunga bangkai.

Bunga ini akan mekar seminggu atau tiga hari, dan menarik serangga untuk membuahi dengan bau busuk yang dipancarkan oleh bunga ini. Sayangnya, dari hasil pembuahan, hanya 10-20 persen saja yang berhasil tumbuh.

4. Desmodium Gyrans
Dikenal juga sebagai Tanaman Menari. Darwin menamai tumbuhan ini sebagai Hedysarum, atau para ahli botani menyebutnya Desmodium Gyrans, atau Codariocalyx Motorius. Dikenal dengan sebutan Rumput Menari (Dancing Grass) atau Tanaman Semaphore (Semaphore Plant), karena gerakan daunnya yang mirip dengan gerakan tangan pengirim sinyal semaphore. Tanaman ini gampang sekali tumbuh, hanya butuh matahari dan air saja tanpa perlu pupuk.

5. Euphorbia Obesa
Dikenal sebagai Bola Baseball. Tanaman ini adalah tanaman endemik di daerah Great Karoo, Afrika Selatan. Karena bentuknya yang lucu, banyak penggemar tanaman akhirnya mengambil tanaman ini untuk dijadikan koleksi, sehingga populasinya rusak berat. Karena itulah, tanaman ini dilindungi oleh pemerintah Afika Selatan. ** Baca juga: Divonis Positif HIV Saat Masih Anak-anak, Wanita Thailand Ini Tuntut Kementerian Kesehatan

Kekayaan dunia tumbuhan memang tidak ada habisnya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru