oleh

5 Kebiasaan Buruk yang Sebaiknya Tidak Dilakukan pada Pagi Hari

Kabar6-Bangun pagi hari dan melakukan sejumlah kebiasaan rutin sangat memengaruhi suasana hati untuk menjalankan aktivitas selanjutnya. Selain itu, kebiasaan yang telah dibentuk akan memengaruhi kesehatan sekaligus kesejahteraan.

Namun, ada beberapa kebiasaan buruk yang sebaiknya tidak dilakukan pada pagi hari karena tidak baik untuk kesehatan. Melansir Kompas, ini lima kebiasaan yang dimaksud:

1. Tidak minum air putih
Kebiasaan pagi hari yang berdampak buruk bagi kesehatan adalah tidak minum air putih setelah bangun tidur. Padahal air dibutuhkan untuk rehidrasi tubuh, karena biasanya tubuh akan terasa lelah dan lesu ketika baru bangun tidur.

2. Mengucek mata saat bangun tidur
Banyak orang yang tidak sadar langsung mengucek mata ketika bangun tidur. Padahal kebiasaan ini dapat membuat kulit di sekitar mata bertambah tua, karena rusaknya kolagen dan elastisitas kulit. Ditambah, kulit di sekitar mata sangat tipis dan rentan keriput.

3. Menyikat gigi setelah bangun tidur
Beberapa orang cenderung menyikat gigi setelah bangun tidur untuk menghilangkan bau mulut. Sayangnya, mereka tidak akan menyikat gigi lagi setelah sarapan. Padahal seharusnya sikat gigi dilakukan setelah sarapan atau sehabis mengonsumsi minuman berwarna seperti kopi dan teh.

4. Menekan tombol snooze di pagi hari
Walaupun memasang alarm untuk bangun di pagi hari, beberapa orang memilih menekan tombol snooze agar bisa tidur lebih lama. Memang terlihat sepele, tapi sebenarnya, menunda waktu untuk bangun memberikan banyak kerugian.

Salah satunya mengganggu siklus tidur. Ketimbang menekan tombol snooze, cobalah tidur 10-20 menit lebih awal agar tubuh memiliki waktu untuk menyesuaikan siklus tidur.

5. Terlalu banyak minum kopi
“Minum kopi terlalu banyak dapat berdampak pada kesehatan karena meningkatkan tekanan darah dan merusak hati,” kata Lina Velikova, MD, Ph.D.

Selain itu, minum kopi berlebih juga memberikan efek emosional seperti pikiran yang lebih irasional dan mudah tersinggung. ** Baca juga: Bagaimana Atasi Sering Buang Air Kecil Agar Tidak Ganggu Tidur di Malam Hari?

Yuk, mulai tinggalkan kebiasaan buruk tadi agar tubuh senantiasa sehat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru