oleh

43 Tahun Berkuasa, Mbasogo dari Guinea-Ekuatorial Jadi Presiden Terlama di Dunia

Kabar6-Presiden Guinea-Ekuatorial, Teodoro Obiang Nguema Mbasogo (80), menjadi kepala negara terlama yang masih berkuasa di dunia saat ini selain raja.

Mbasogo yang sudah 43 tahun menjabat, melansir Bloomberg, bakal mencalonkan diri lagi untuk masa jabatan keenam pada November 2022 mendatang. Pengumuman tersebut disampaikan Wakil Presiden Guinea-Ekuatorial, Teodoro Nguema Obiang Mangue, yang juga merupakan putra Mbasogo.

“Karena karismanya, kepemimpinannya, dan pengalaman politiknya, partai yang berkuasa dengan suara bulat memilih Mbasogo sebagai kandidatnya untuk pemilihan 20 November,” demikian cuitan Mangue di Twitter.

Partai Demokrat Guinea-Ekuatorial (PDGE) memegang 99 dari 100 kursi di majelis rendah parlemen dan 70 kursi senat. Sejauh ini belum diketahui siapa calon presiden lainnya yang diajukan.

Mangue sendiri dijuluki ‘Teodorin’, dan tampaknya masuk antrean untuk mencalonkan diri dalam pemilihan. Diketahui, Mangue tidak terpilih sebagai capres tahun lalu. ** Baca juga: Arkeolog Finlandia Temukan Tongkat Ukiran Ular Berusia 4.400 Tahun Milik Dukun Zaman Batu

PDGE adalah gerakan politik hukum tunggal negara itu sampai 1991 ketika politik multi-partai diperkenalkan. Mbasogo yang disebut memerintah dengan tangan besi, selalu menang dengan suara lebih dari 93 persen.(ilj/bbs)