oleh

3 Hal yang Dapat Dipengaruhi Karena Kebiasaan Anda Minum Air Putih

Kabar6-Rutin minum air putih memang sangat disarankan untuk memenuhi kebutuhan Anda akan cairan, sehingga organ-organ tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan baik, di samping menghindarkan diri dari dehidrasi.

Nah, mungkin Anda pernah mendengar bahwa minum air putih akan membuat tubuh menjadi langsing. Benarkah demikian? Melansir Healthyeating, ada tiga hal yang dapat dipengaruhi karena kebiasaan Anda minum air putih. Apa sajakah itu?

1. Pengurangan kalori
Minum air sebelum makan akan membantu Anda mengonsumsi makanan lebih sedikit, sehingga mengurangi jumlah kalori yang masuk dalam tubuh.

Sebuah penelitian pada 2008 yang diterbitkan dalam ‘Journal of American Dietetic Association’, mengatakan bahwa minum beberapa gelas air sekira 20-30 menit sebelum duduk untuk makan, akan membantu mengurangi asupan kalori Anda sebanyak 75 kalori.

Air membuat perut Anda terasa kenyang, sehingga Anda cenderung untuk tidak menghabiskan makanan di piring. Apabila Anda minum air sebelum makan siang dan makan malam setiap hari, maka akan mengurangi asupan kalori sekira 150 kalori per hari, sehingga berat badan Anda akan turun

2. Pengeluaran racun
Air akan membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Hati akan membantu memproduksi empedu yang memecah lemak, tetapi bila tersumbat maka organ tersebut tidak akan bekerja dengan baik.

Apabila Anda minum air dengan teratur, akan membuat organ vital bekerja lebih efisien. Selain itu, apabila tidak cukup minum air, maka akan membuat Anda mengalami sembelit dan membuat kotoran menumpuk disaluran pencernaan yang menyebabkan perut terasa penuh.

Asupan serat yang cukup menurut website Colorado State University Extension adalah sekira 14 gram per 1000 kalori. Namun serat tidak akan berfungsi tanpa air.

3. Ganti minuman Anda dengan air putih
Sebaiknya Anda minum air putih setiap hari untuk membantu pola diet Anda menjadi lebih berhasil. Diketahui, minum 16 ons latte memiliki 265 kalori, minuman soda botolan sekira 20 ons pada saat makan siang memiliki 225 kalori. Sementara segelas es teh manis 16 ons pada saat makan malam memiliki sekira 180 kalori.

Apabila mengganti semua minuman tersebut dengan air putih, maka Anda sudah dapat mengurangi sekira 670 kalori dari diet dalam sehari. Hal ini dapat membantu mengurangi berat badan sekira 0,5-1 kg dalam satu minggu.

Minum air putih memang tidak mempunyai efek langsung terhadap penurunan berat badan. Namun, dengan minum air putih akan membantu pengurangan jumlah kalori yang masuk dalam tubuh. ** Baca juga: Agar Lebih Banyak Kalori yang Dibakar, Lakukan Hal Berikut di Pagi Hari

Jadi untuk Anda yang sedang berdiet, banyak-banyaklah minum air putih.(ilj/bbs)

Berita Terbaru