oleh

Wow, Tarif Bus Lebaran Naik‎ 100 Persen

Loket bus. (yud)

Kabar6-‎Calon pemudik yang menggunakan moda transportasi bus umum siap-siap harus merogoh kocek cukup dalam. Sebab, perusahaan otobus yang melayani arus mudik lebaran 2017 mematok harga mahal.

Kepala Pool Rosalia Indah, Ahmad Mahmud, mengatakan, perusahaannya sudah menetapkan tarif atas dan bawah. ‎Harga tiket bus kelas bisnis yang biasanya dibanderol senilai Rp160 ribu kini dijual seharga Rp320 ribu per orang.**Baca Juga: Awak Bus Angkutan Mudik Jalani Tes Urine

“Kelas super VIP yang biasanya Rp250 ribu pas lebaran begini dijual Rp500 ribu,” katanya kepada kabar6.com di Cimanggis, Kecamatan Ciputat, Minggu (18/6/2017).

Mahmud jelaskan, dahulu pemerintah menetapkan tambahan pembayaran tarif tiket atau tuslag‎ sebesar 25 persen. Namun kini ketentuan tuslag sudah tidak berlaku lagi.

Sementara perusahaan otobus harus menanggung biaya operasional yang cukup tinggi. Ia sebutkan, kursi armada bus yang kembali dari arah Timur menuju Barat atau Jakarta dan sekitarnya‎ dipastikan kerap sedikit terisi penumpang.**Baca Juga: Puluhan Bus Angkutan Mudik di Tangsel Diperiksa

Makanya tarif tiket bus dinaikan. Adapun kenaikan berlaku sejak H-3 hingga H+7 lebaran. “Dulu antrean penumpang sudah panjang di loket. Sekarang penumpang yang naik‎ cuma yang langganan-langganan saja,” terang Mahmud.(yud)

Berita Terbaru