oleh

Wow, Ini Lampu Pijar Tertua

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Lampu pijar adalah sumber cahaya buatan yang dihasilkan melalui penyaluran arus listrik melalui filamen yang kemudian memanas dan menghasilkan cahaya.

  

Di samping memanfaatkan cahaya yang dihasilkan, beberapa penggunaan lampu pijar lebih memanfaatkan panas yang dihasilkan, contohnya adalah pemanas kandang ayam, dan pemanas inframerah dalam proses pemanasan di bidang industri.

 

Nah, salah satu lampu pijar tertua di dunia ada di Inggris, dibuat pada 1883. Lampu pijar tersebut telah berusia sekitar 130 tahun.

 

Seperti dikutip dari yudhe.com, lampu yang miliki enam filamen internal ini milik Crook Florence Beth. Ia membawanya ke sekolah sebagai salah satu bagian dari mata pelajaran ilmu pengetahuan kala itu. Lampu tersebut diteruskan kepada anaknya Kenneth dan Lancs. 

 

Lampu pijar itu merupakan salah satu produk perdana pabrik Ediswan yang mulai memproduksi pada 1881. Ediswan adalah sebuah kolaborasi antara dua fisikawan terkemuka dunia: Sir Joseph Swan (Inggris) dan penemu bola lampu Thomas Edison (AS). ** Baca juga: Lima Kota Dengan Jam Kerja Tersingkat

 

Sementara menurut Guinness Book of Records, bola lampu tertua di dunia dan terus digunakan telah menyala selama 109 tahun berada ada di Fire Station 6, Livermore, California Utara, AS.(ilj/bbs)

Berita Terbaru