oleh

Waspadai Akibat Kebiasaan Makan Terburu-buru

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Karena berbagai kesibukan, banyak orang yang makan secara terburu-buru untuk mengejar waktu. Bahkan hanya beberapa kali kunyah, makanan yang ada di mulut langsung ditelan.

Cara makan yang terlalu cepat, dikutip dari monitorday.com, dipercaya bisa menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan termasuk kegemukan. Bahkan, pada beberapa kasus dapat menyebabkan kematian.    

Dilansir dari Daily Mail, sesorang yang mengalami kegemukan terancam berbagai penyakit mematikan. Hal itu diungkapkan dalam studi yang dipublikasikan di Journal of the American Dietetic Association.

Disebutkan, wanita paruh baya yang memiliki kebiasaan makan cepat, cenderung gemuk dibandingkan mereka yang makan perlahan.   

Penelitian lain dilakukan Universitas Osaka, Jepang, yang menguraikan bahwa makan terlalu cepat juga bisa meningkatkan risiko kegemukan dan obesitas hingga dua kali lipat.

Para peneliti memonitor kebiasaan makan 3.000 orang. Hasilnya, ditemukan 84 persen pria yang makan terlalu cepat lebih gemuk.   

“Banyak orang membentuk kebiasaan makan cepat ini sejak kecil. Menakjubkannya kebiasaan tersebut bisa dilakukan melalui sampai dewasa,” papar profesor psikologi metabolik di Nottingham University, Inggris, Ian McDonald. ** Baca juga: Sering Terbangun Tengah Malam? Mungkin Ini Penyebabnya

Jadi biasakanlah makan secara perlahan. Selain menyehatkan, juga bagus secara etika.(ilj/bbs)

Berita Terbaru