oleh

Warga Tangsel Minta Perbaikan Layanan Jamkesda

Kabar6–Sejumlah warga Keranggan, Kecamatan Setu meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangsel untuk melakukan perbaikan pelayanan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) dan layanan di Puskesmas.

Demikian permintaan ini dilayangkan langsung sejumlah utusan Organisasi Kepemudaan (OKP) Keranggan, melalui audensi ke Dinkes, Kamis (3/1). “Banyak layanan di puskesmas yang belum maksimal. Sebab, masih banyak warga yang belum terlayani,” kata Wahidin.

Masalah lambannya pelayanan ini lebih banyak terjadi saat warga akan meminta layanan Jamksesda di puskesmas.

“Belum lagi ngurus soal Jamkesda, lamban sekali. Warga yang sakit harus mengurus berhari-hari agar bisa dilayani Jamkesda. Masa harus menunggu warga menderita baru terlayani,” keluhnya.

Kepala Bidang Layanan Dasar Kesehatan pada Dinkes Kota Tangsel Andi Fatma mengataan, khusus di Kelurahan Keranggan tercatat sekitar 1.000 orang yang telah terlayani Jamkesda.

“Dari 5.200 kartu Jamkesda yang kami sebarkan, 1.000 dintaranya ada di Keranggan, jadi harusnya terlayani dengan baik. Keluhan di Puskesas ini akan kami perbaiki,” jelasnya.

Sementara warga yang belum memiliki kartu Jamkesda, Pemkot Tangsel masih memberikan layanan pembuatan Jamkesda tersebut.

Dengan alur yang sudah ditetapkan sesuai dengan standar operasional program (SOP) Jamkesda. Yakni, mengusulan ke RT dan RW, Kelurahan, Kecamatan, sampai ke Dinkes Tangsel.

“Prosesnya hanya dibutuhkan 3 x 24 jam, jika dijalani dengan tepat oleh calon pengaju Jamkesda. Dimulai dari pengajuan RT dan RW, verifikasi lapangan oleh Puskesmas, sampai pengesahan dari Kepala Dinas Kesehatan Tangsel. Setalah ada persetujuan kepala dinas warga bisa terlayani Jamkesda,” bebernya

Sedangkan untuk pengurus rujukan ke RSUD Tangsel melalui Jamkesda, juga cukup mudah. Sebab, hanya cukup meminta rujukan dari Puskesmas untuk ke RSUD Tangsel.

“Kalaupun nanti harus dirujuk lagi ke 12 rumah sakit yang bekerjasama dengan Tangsel juga mudah mendapatkannya d RSUD maupun di Dinkes Tangsel,” bebernya.(Iqmar)

Berita Terbaru