oleh

Anggaran Kesehatan Tangsel Naik Rp.50 Miliar

Kabar6–Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) mengalokasikan anggaran Rp.221 miliar untuk bidang kesehatan pada APBD murni tahun 2013 ini. Artinya, anggaran untuk bidang pendidikan naik 50 milliar dibanding tahun 2012 .

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Tangsel Ida Dahlia mengatakan, setelah pada tahun 2012 dikeluarkan dana Rp171 miliar pada anggaran murni, dan ditambah lagi hingga mencapai Rp258 miliar pada anggara perubahan 2012 lalu, tahun ini  dana kesehatan murni mencapai total Rp221 miliar.

“Jika dilihat dari anggaran murni, ada peningkatan hingga Rp50 miliar untuk dana kesehatan di Tangsel. Dana itu tentu menunjukkan keseriusan Pemkot Tangsel mencanangkan program layanan kesehatan kepada masyarakat,” katanya saat ditemui di Pamulang, Kamis (3/1/2013).

Menurutnya lagi, dana tersebut juga mencakup dana alokasi Jaminan Kesehatan Daerah sebesa Rp11,5 miliar, pembagunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tangsel tahap kedua, dan juga dana pembebasan lahan dan pembangunan 13 Puskesmas.

“Sisanya untuk belanja langsung dan belanja tidak langsung lainnya yang ada di dinas kesehatan,” bebernya.

Sementara itu, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany menjelaskan, penambahan dana pada bidang kesehatan, pendidikan dan pengentasan warga miskin memang jadi prioritas Tangsel tahun 2013 ini.

Bahkan, mulai Juni mendatang, seluruh warga Tangsel akan digratiskan biaya kesehatannya. “Bidang kesehatan salah satu prioritas saya sejak memimpin daerah ini,” tegasnya.

Sepanjang tahun lalu, jelasnya, untuk dana Jamkesda, Pemkot Tangsel telah mengeluarkan Rp25 miliar. Dan itu akan ditambah terus seiring penggunaan layanan Jamkesda oleh warga masyarakat Tangsel.

“Jika layanan kesehatan sudah digratiskan bagi seluruh warga Tangsel, akan kami tambah lagi sesuai dengan kebutuhan,” pungkasnya. (Iqmar)

Berita Terbaru