oleh

Walikota Airin Sambut Tim Peningkatan Tipe Polres

Kabar6-Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tngsel) mendukung segala tugas aparat kepolisian dalamelayani dan mengayomi masyarakat sekitar.

Kajian terkait peningkatan tipe Kepolisian Resort (Polres) tipe Kota Tangsel menjadi Polres Kota (Polresta) pun sedang berlangsung.

Walikota Tangsel, Hj. Airin Rachmi Diany turut hadir menyambut kedatangan Pengkaji FC Toan Tim dari Mabes Polri dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN dan RB).

Karo Lemtala Srene Mabes Polri, Brigjen Sjamsul Sidiq, mengatakan terkait peningkatan status seluruh kesatuan wilayah harus mendapatkan persetujuan dari Menteri PAN dan RB. Ia pun berharap tipe Polres Tangsel bisa naik menjadi Polresta.

“Untuk peningkatan tipe ini kita harus bekerja dengan sungguh-sungguh dan tidak membebankan masyarakat,” katanya di Mapolres Tangerang Selatan, Lengkong Gudang Timur, Kecamatan Serpong, beberapa waktu lalu.

Asisten Daerah (Asda) I Bidang Pemerintahan Kota Tangsel, Rahmat Salam, menyatakan institusinya sangat mengharapkan peningkatan tipe Polres Tangsel menjadi Polresta.

Masyarakat sekitar merasakan bahwa Tangsel ini penyangga Ibu Kota yang terdekat banyak pejabat tinggi negara bermukim yang tinggal di daerah pemekaran ini.

“Yang juga tugas dari Polres Tangsel. Kami dari Pemkot Kota Tangsel mengharapkan segera mungkin peningkatan Polres Tangsel menjadi Polresta Tangsel,” ujarnya.

Masih di lokasi yang sama, Nanik Murwati dari KemenPAN dan RB, menerangkan jika usulan peningkatan type Polres sudah didorong sejak 2016 lalu.

“Kita harus melihat terlebih dahulu kondisi di lapangan sebelum di tanda tangani oleh Pak Menteri,” terangnya.

Nanik memaparkan, penilaian terhadap rencana peningkatan tipe juga dilihat dari tiga aspek persoalan. Yakni, luas wilayah, jumlah penduduk dan gangguan kamtibmas yang terjadi di wilayah tersebut.

“Bisa disampaikan kepada kami supaya ada bukti selama tiga tahun inovasi apa yang sudah dilakukan oleh Polres Tangerang Selatan ini agar bisa ditingkatkan lebih baik lagi untuk pelayanan kepada masyarakat,” paparnya.**Baca juga: Polres Tangsel Gerebek Rumah Pembuatan Petasan di Ciputat Timur.

Kapolres Tangsel, AKBP Fadli Widiyanto, menyampaikan apresiasi atas kedatangan tim pengkajian. Menurutnya, dengan tantangan yang ada didukung oleh jumlah penduduk dan juga dari kerawanan yang ada maka Polres Tangerang Selatan dapat ditingkatkan.**Baca juga: Hilang Dari Layar Kaca, Dik Doank Kini Jadi Penceramah.

“Masyarakat Kota Tangerang Selatan sendiri mengharapkan kehadiran para aparat polisi di tempat yang rawan dengan keadaan tersebut maka perlu kiranya peningkatan tipe dari Polres menjadi Polres Kota Tangerang Selatan segera mungkin dapat terlaksana,” tambahnya.(BL/tmn)

Berita Terbaru