oleh

Wabup Tangerang Mengikuti Rakor BPKP Tingkat Provinsi Banten Tahun 2021

Kabar6-Wakil Bupati Tangerang, H. Mad Romli mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengawasan Intern Keuangan dan Pembangunan Tingkat Provinsi Banten Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Perwakilan Provinsi Banten (BPKP).

Rakor ini dibuka langsung oleh Gubernur Banten, Wahidin Halim yang didampingi Wakil Gunernur Banten, Andika Harzumy dan dihadiri oleh Sekretaris Utama BPKP, Ernandhi Sudarmanto dan para Kepala Daerah se-Provinsi Banten yang diselenggarakan di Gedung Negara Provinsi Banten, Kamis, (8/4/2021).

Dalam sambutannya, Gubernur Banten, Wahidin Halim mengatakan, berdasarkan amanat PP 60 Tahun 2008 dan Perpres 192 Tahun 2014 dan dalam rangka koordinasi, sinkronisasi dan kolaborasi pengawasan oleh APIP dalam mengawal akuntabilitas program strategis pemerintah nasional/daerah dengan mengusung tema “Sinergi Pengawasan Intern dalam Mengawal Pencapaian Tujuan Program Ketahanan Pangan Daerah di Wilayah Provinsi Banten”.

“Masih terdapat tantangan potensial terkait isu strategis ketahanan pangan, diantaranya tentang permintaan pasar yang cenderung menurun, penurunan daya beli, refocusing, oleh karenanya perlu dilakukan pengawasan atas program ketahanan pangan untuk menghasilkan kesimpulan mengenai desain dan keselarasan kebijakan dalam mewujudkan ketahanan pangan serta akuntabilitas dalam pengimplementasiannya,” ucapnya.

Sekretaris Utama BPKB Banten, Ernadhi Sudarmanto mengatakan BPKP telah memetakan 15 Agenda Pengawasan Prioritas (APP) 2021 dengan total 60 cluster objek pengawasan dan 67 isu pembangunan tematik yang tersebar di 34 provinsi, salah satunya Provinsi Banten. Adapun Program Ketahanan Pangan merupakan salah satu program prioritas daerah di wilayah Provinsi Banten.

“Saya berharap rapat koordinasi ini dapat menghasilkan kesimpulan dimana BPKP bersama aparat pengawasan intern di wilayah Provinsi Banten dapat bersama-sama dan berkolaborasi dalam merumuskan pengawasan program ketahanan pangan sejak penentuan rencana umum, pengawasan, desain dan metodologi pengawasan, mekanisme pelaporan serta monitoring atas tindak lanjut hasil pengawasan,” Kata Ernadhi.

**Baca juga: Koramil 06/Tigaraksa Olah Lahan Tidur Menjadi Argowisata Ketahanan Pangan Nasional

Sementara itu, Wakil Bupati Tangerang, H. Mad Romli juga menambahkan bahwa, Kami Pemkab Tangerang akan terus bersinergi dalam Pengawasan Intern dalam Mengawal Pencapaian Tujuan Program Ketahanan Pangan Daerah di Provinsi Banten, dan Kabupaten Tangerang khususnya.(Han)

Berita Terbaru