oleh

Viral, Petugas TPU Jombang Sebut Kesal Masyarakat Sepelekan Covid-19

Kabar6-Lelah, takut, kesal berkecamuk menjadi satu. Perasaan tersebut belakangan ini bukan hanya menggelayuti benak tenaga medi kesehatan yang merawat pasien terpapar corona virus disease 2019 (Covid-19).

Namun, petugas pemakaman secara protokol Covid-19 di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) pun demikian. Bahkan sikap mereka terekam dalam tayangan video sampai viral di media sosial serta televisi nasional.

“Saya melihat masih banyak masyarakat di Tangsel yang tidak mengindahkan peringatan atau yang disampaikan oleh pemerintah,” ungkap komandan PTI Satpol PP Tangsel, Syarif Hidayatullah kepada kabar6.com, Kamis (21/5/2020).

Ia melihat perkembangan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di wilayah Tangerang Raya dan sekitarnya, masyarakat masih berkerumun. Seperti di mall, pasar-pasar tradisional maupun modern dan bahkan bandara.

Syarif menyatakan lewat rekaman video ada pesan moral yang ingin disampaikan oleh petugas pemakaman protokol Covid-19. Ia sebenarnya mengharapkan kerjasama dari berbagai lini masyarakat.

“Yaitu mengenai protokol kesehatan. Mari kita ikuti protokol kesehatan ini atau anjuran dari pemerintah agar di rumah saja demi keselamatan bersama sehingga tidak ada korban jiwa lagi seperti jenazah-jenazah yang sudah dimakamkan,” pesannya.

Syarif sudah beberapa pekan ini siaga di TPU Jombang, Kecamatan Ciputat, yang menjadi lokasi pemakaman Covid-19. Ia bertugas mengawal prosesi pemakaman melarang keluarga ahli waris jenazah mendekati area petak makam.

**Baca juga: 4 Pembalap Motor Liar Jalan Serpong Terancam Lebaran di Penjara.

Ia bilang, sesuai standar operasional prosedural, radius jarak keluarga jenazah dengan liang petak makam minimal 100 meter. “Minimal sehari ada dua sampai empat pemakamam Covid. Bahkan terkadang sampai malam,” ujar Syarif.

Petugas gali dan penjaga TPU Jombang pun gundah melihat sikap masyarakat yang tidak disiplin. Saking kesalnya, dibuatlah papan nisan yang dicoret spidol warna hitam bertuliskan “INDONESIA BIN TERSERAH KALIAN KAMI TUNGGU DISINI TPU JOMBANG TANGERANG SELATAN”.(yud)

Berita Terbaru