oleh

UPS Korslet, Penerbangan di BSH Kacau 15 Menit

Kabar6-Diduga gara-gara korsleting listrik yang terjadi pada Uninterruptible Power Supply (UPS), aktivitas penerbangan di Bandara Soekarno Hatta (BSH) Tangerang sempat mengalami gangguan.

Pasalnya, padamnya UPS sekaligus mengakibatkan terjadinya gangguan pada suplai listrik melalui instalasi radar bandara. Hingga, komunikasi antara bandara di pesawat yang hendak terbang maupun mendarat menjadi terganggu.

“Tadi padamnya cuma sebentar. Persisnya pada pukul 16.50 WIB. Dan, sekarang semuanya sudah normal kembali,” ujar Corporate Secretary PT Angkasa Pura (AP) II, Trisno Heryadi, Minggu (16/12/2012).

Dijelaskan Trisno, bahwa ada beberapa hal yang bisa menyebabkan padamnya listrik, seperti koslet ataupun langsung gangguan PLN. “Info yang kami terima UPS Konslet, tapi sekarang sudah normal kok,” katanya.

Sementara, GM ATS Bandara Soekarno Hatta, Budi Hendro mengatakan bahwa padamnya listrik dan mengganggu radar yang terjadi di Bandara Internasional ini hanya terjadi selama 15 menit.

“UPS terbakar sehingga mengganggu suplay listrik ke radar. Tapi ini hanya terjadi 15 menit terputus, memang sempat ada gangguan pelayanan tapi sekarang sudah normal beroperasi,” kata Budi.

Menurut Budi, tergangunya suplai listrik di bandara akhirnya teratasi, dengan menggunakan sistem manual yang dimiliki.

“Sudah bisa beroperasi, walaupun dengan separasi yang sedikit lebih lama dari biasanya. Situasi bandara normal kembali pada pukul 18.05,” tegasnya kembali.

Ditanya soal berapa banyak penerbangan yang terganggu selama 15 menit radar mati, Budi belum dapat memberikan data secara detail.

“Saat ini kami masih berupaya menormalkan semuanya, data lengkap berapa banyak penerbangan yang terganggu saat ini masih diinfentarisir,” ujarnya.(rani)

 

Berita Terbaru