oleh

TPA Cipeucang Longsor, Aetra Tangerang : Produksi Air Normal

Kabar6-Perusahaan air bersih, PT Aetra Air Tangerang memastikan longsornya TPA Cipeucang, Tangsel yang membawa sampah dan menutupi sungai Cisadane belum berdampak pada produksi air bersih Aetra. “Untuk saat ini produksi air bersih masih level aman dan normal, ” ujar Corporate Communication Manager PT Aetra Air Tangerang, Ira Indirayuni, Jumat 22/5/2020.

Produksi air Aetra Tangerang saat ini normal dengan kapasitas 900 liter/detik dan melayani lebih dari 77 ribu pelanggan di delapan kecamatan di Kabupaten Tangerang yaitu Sepatan, Sepatan Timur, Pasar Kemis, Sindang Jaya, Cikupa, Balaraja, Sukamulya dan Jayanti.

Ira mengakui banyaknya sampah yang hanyut dan hampir menutupi sebagian permukaan Cisadane sejak Jumat siang dikhawatirkan berdampak pada suplai air baku Aetra Tangerang. Sebab, 4 intake Aetra Tangerang tertanam dalam sungai Cisadane dekat bendungan pintu air 10. “Tim kami berjibaku menghalau sampah agar tidak masuk pompa intake,” katanya.

Menurut Ira, Aetra telah mengerahkan sejumlah petugas khusus untuk berjaga di area intake untuk memastikan sampah tidak menganggu suplai air baku. “Selain itu di area intake memang sudah terpasang jaring,” kata Ira.

Gunung sampah TPA Cipeucang, Tangsel longsor, Jumat siang 22/5/2020. Tumpukan sampah itu hanyut dan mengotori sungai Cisadane. “Sangat parah, seluruh permukaan Cisadane tertutup sampah,” ujar Aktivis Lingkungan Hidup dari Yayasan Peduli Lingkungan Hidup (YAPELH), Ade Yunus.

Ade mengatakan gunung sampah setinggi 3 meter di TPA Cipeucang Tangerang Selatan telah menutupi seluruh permukaan badan sungai Cisadane. “Ini bencana sampah,” ujarnya.

**Baca juga: TPA Cipeucang Tangsel Longsor Ganggu Produksi Air Bersih Kota Tangerang?.

Menurut Ade, longsornya TPA Cipeucang diketahui setelah sampah yang banyak hanyut di Cisadane Jumat pagi “Awalnya kami curiga sampah banyak sekali mengotori Cisadane, kami lakukan susur sungai dan mendapati sampah-sampah itu dari TPA Cipeucang yang longsor,” kata Ade.

Kepala Seksi Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel, Rastra Yudatama membenarkan longsornya TPA Cipeucang. “Lagi ditangani oleh tim, ini masih di TPA.”(GFM)

Berita Terbaru