oleh

TPA Cipeucang Tangsel Longsor Ganggu Produksi Air Bersih Kota Tangerang?

Kabar6-Humas PDAM Tirta Benteng Iksan Sodikin mengatakan terus memantau pergerakan sampah yang mengaliri Sungai Cisadane akibat longsornya TPA Cipeucang Tangerang Selatan.”Informasi yang kani dapatkan sampah yang terbawa arus masih sedikit dan tertahan di Kali Pasir, Kota Tangerang,” kata Iksan kepada Kabar6.com, Jumat 22/5/2020.

Iksan mengatakan terus memantau pergerakan sampah dan untuk saat ini belum menganggu produksi air bersih di PDAM Tirta Benteng. “Secara kualitas dan kuantitas air masih normal,” katanya.

Gunung sampah TPA Cipeucang, Tangsel longsor, Jumat siang 22/5/2020. Tumpukan sampah itu hanyut dan mengotori sungai Cisadane. “Sangat parah, seluruh permukaan Cisadane tertutup sampah,” ujar Aktivis Lingkungan Hidup dari Yayasan Peduli Lingkungan Hidup (YAPELH), Ade Yunus.

Ade mengatakan gunung sampah setinggi 3 meter di TPA Cipeucang Tangerang Selatan telah menutupi seluruh permukaan badan sungai Cisadane. “Ini bencana sampah,” ujarnya.

**Baca juga: TPA Cipeucang Tangsel Longsor, Sungai Cisadane Tertutup Sampah.

Menurut Ade, longsornya TPA Cipeucang diketahui setelah sampah yang banyak hanyut di Cisadane Jumat pagi “Awalnya kami curiga sampah banyak sekali mengotori Cisadane, kami lakukan susur sungai dan mendapati sampah-sampah itu dari TPA Cipeucang yang longsor,” kata Ade.

Kepala Seksi Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel, Rastra Yudatama membenarkan longsornya TPA Cipeucang. “Lagi ditangani oleh tim, ini masih di TPA.”(EKO)

Berita Terbaru