oleh

Terpanjang di Dunia, Petir Tunggal Menyambar Secara Horizontal Tiga Negara Bagian AS Sejauh 768 Km

Kabar6-Badan Cuaca PBB melaporkan adanya sebuah petir tunggal yang menyambar di tiga negara bagian Amerika Serikat (AS), teridentifikasi sebagai yang terpanjang di dunia.

Petir yang dijuluki megaflash itu, melansir dw, melesat secara horizontal dengan tingkat rendah yang langka sejauh 768 km antara awan di Negara Bagian Texas dan Negara Bagian Mississippi, AS, pada April 2020. Petir itu terdeteksi oleh para ilmuwan menggunakan teknologi satelit dan jaraknya dikonfirmasi oleh komite Organisasi Meteorologi Dunia (WMO).

“Perjalanan melalui udara (pesawat) akan memakan waktu beberapa jam dan dalam hal ini jarak ditempuh (petir itu) hanya dalam hitungan detik,” terang Clare Nullis, juru bicara. ** Baca juga: Ratusan Mainan Nyangkut di Rambut Sang Anak, Ibu di AS Habiskan Waktu 20 Jam untuk Membersihkannya

Megaflash lain yang terjadi di atas Uruguay dan Argentina pada Juni 2020, menurut WMO, juga mencetak rekor baru, yakni sebagai petir tunggal yang terlama dengan durasi 17,1 detik.

Dua megaflash yang baru dibukukan ini tidak pernah menyentuh tanah. Kendati demikian, mereka bisa berfungsi sebagai pengingat akan bahaya fenomena cuaca yang dapat membunuh ratusan orang per tahun.

“Kami tegaskan kembali pesan kami, ketika guntur mengaum, ketika Anda melihat kilat—masuklah ke dalam rumah. Jangan mencari perlindungan di gubuk pantai, jangan berdiri di bawah pohon,” tegas Nullis.(ilj/bbs)