oleh

Siapa Saja Pengkhianat Negara Terpopuler?

Kabar6-Setia dan berbakti kepada Tanah Tumpah Darah adalah kewajiban setiap warga negara. Namun, ada beberapa orang yang justru tega menjual aset atau rahasia negara mereka, demi materi. Mereka disebut sebagai pengkhianat.

 

Nah, siapa saja pengkhianat yang paling terkenal dalam sejarah?

 

1. Wang Jiwei

Sewaktu menimba ilmu di Jepang, Wang Jiwei memiliki pandangan untuk menyerahkan Tiongkok kepada Jepang. Alhasil pada saat terjadi perang melawan Jepang, Wang yang warga negara Tiongkok, malah bergabung dengan Jepang. Sayang, pria itu meninggal sebelum sempat melihat Jepang kalah pada Perang Dunia II.

 

2. Vidkuin Quisling

Pria yang merupakan warga negara Norwegia ini adalah seorang jenderal militer yang menjual negaranya pada Hitler. Dia membocorkan informasi tentang strategi militer Norwegia kepada Hitler. Tidak heran jika Vidkuin Quisling menjadi salah satu orang kesayangan Hitler. Saat Nazi kalah, Quisling dihukum mati pada 1945.

 

3. Aldrich Ames

Warga negara Amerika Serikat ini adalah seorang intelijen di CIA. Dia menawarkan diri untuk menjual rahasia Amerika pada Uni Soviet. Aldrich Ames telah membuat 10 orang agen Amerika tewas di tangan Uni Soviet.

 

Lantaran memiliki kekayaan tidak wajar itulah Ames akhirnya ditangkap dan setelah terbukti bersalah, dia dijatuhi hukuman seumur hidup. ** Baca juga: Apa Saja Makanan Tertua di Dunia?

 

4. Benedict Arnold

Arnold adalah seorang jenderal pada masa Revolusi Amerika. Pria ini akhirnya memilih bersekongkol dengan Inggris untuk menyerahkan salah satu benteng Amerika saat perang tersebut.

 

Sayang, rencana tersebut gagal, dan Inggris berhasil dipukul mundur. Arnold pun memilih kabur ke Inggris. Ironisnya, Inggris menolak keberadaan Arnold karena dianggap begitu gampang mengkhianati negaranya sendiri. I

 

5. The Rosenbergs

Merupakan pasangan suami istri berkebangsaan Amerika, yang bekerjasama dengan mata-mata Uni Soviet untuk melawan pemerintah Amerika. Mereka berhasil mencuri informasi rahasia Amerika. Pasangan ini kemudian dihukum mati pada 1953.(ilj)

Berita Terbaru