oleh

Siapa Saja Pemimpin Dunia yang Punya Pasangan Sejenis?

Kabar6-Sudah banyak diketahui bahwa sejumlah negara di dunia melegalkan LGBT, salah satunya adalah memiliki pasangan sejenis. Aturan tersebut tidak hanya berlaku untuk rakyat biasa, juga para pemimpin tertinggi dunia.

Meskipun mengundang banyak kontroversi, beberapa pemimpin dunia tetap memiliki pasangan sejenis. Melansir Sindonews, ini empat pemimpin dunia yang diketahui memiliki pasangan sejenis:

1. Johanna Siguroardottir
Perdana Menteri Islandia (2009-2013) ini sempat membuat sejarah ketika menjadi Perdana Menteri pertama yang memiliki pasangan sejenis pada 1 Februari 2009 di negara tersebut.

Pada tahun yang sama, Siguroardottir dinobatkan sebagai salah satu dari 100 wanita paling berpengaruh Forbes untuk kontribusinya dalam memimpin parlemen tersebut. Sigurdardóttir menikah dengan pasangannya yang bernama Jonina Leosdottir pada 2002 lalu.

2. Xavier Bettel
Xavier Bettel merupakan Perdana Menteri gay pertama di Luksemburg, dan menjabat sejak 4 Desember 2013. Luksemburg sendiri dikenal sebagai negara yang mendukung LGBT.

Bettel menikahi pasangannya, Gauthier Destenay, pada Mei 2015, setahun setelah parlemen mengesahkan undang undang yang mengizinkan pernikahan sesama jenis. ** Baca juga: Oknum Polisi Brasil Tangkap Pria Sakit Jiwa, Dimasukkan ke Bagasi dan Diberi Granat Gas

3. Leo Varadkar
Varadkar menjabat sebagai Perdana Menteri Irlandia dari 2017 hingga 2020. Bukan hanya perdana menteri gay pertama Irlandia, Varadkar yang juga putra seorang imigran India, juga yang pertama dari latar belakang etnis minoritas dan pemimpin termuda di negara itu.

Varadkar mengungkapkan dirinya sebagai gay di bulan-bulan sebelum referendum pernikahan sesama jenis disahkan pada 2015. Irlandia sendiri dikenal dengan negara paling konservatif secara sosial, negara ini bahkan sempat melarang keras homoseksual.

4. Ana Brnabic
Sejak 29 Juni 2017, Ana Brnabic menjabat sebagai Perdana Menteri Serbia. Selain menjadi pemimpin wanita pertama, dia juga menjadi Perdana Menteri yang memiliki pasangan sejenis pertama dalam sejarah negara yang paling konservatif itu.

Brnabic memiliki pasangan bernama Milica Djurdjic, mereka bahkan berusaha memiliki anak lewat inseminasi buatan.(ilj/bbs)