oleh

Sering Ada di Sekitar Kita, Apa itu Pathological Liar?

Kabar6-Nyaris semua orang pernah berbohong. Entah itu demi menyembunyikan sesuatu, atau terpaksa dilakukan untuk kebaikan. Namun bagaimana bila berbohong sudah menjadi suatu kebiasaan?

Berbohong yang dilakukan dengan tidak terkontrol dikenal dengan istilah pathological liar. Apakah kondisi ini termasuk gangguan kepribadian? Pathological liar, melansir sehatq, adalah orang yang berbohong secara terus menerus, kompulsif, dan terencana. Perilaku ini cenderung sering dilakukan, biasanya tanpa disertai alasan yang jelas.

Dalam menyampaikan kebohongannya, pathological liar, dapat menempatkan diri sebagai orang yang hebat, heroik, atau boleh jadi menggambarkan diri sebagai seorang korban.

Beberapa contoh kebohongan, yang disampaikan oleh pathological liar adalah:
1. Menciptakan riwayat diri yang tidak sebenarnya. Misalnya, ia telah meraih prestasi tertentu atau sebaliknya, pernah mengalami suatu kondisi buruk
2. Mengklaim menderita penyakit tertentu
3. Berbohong untuk membuat orang lain terkesan, seperti berkerabat dekat dengan seorang artis maupun pejabat tinggi negara

Selain itu, terdapat sejumlah hal yang bisa menjadi ciri-ciri seorang pathological liar di sekitar Anda, yaitu:
1. Sering mencari simpati dengan menceritakan penderitaan diri
2. Cerita yang disampaikan cenderung terlalu detil dan terelaborasi dengan baik. Elaborasi adalah penggarapan (pengerjaan) secara tekun dan cermat.
3. Merespons pertanyaan Anda dengan sangat cepat, namun respons tersebut terkesan tidak jelas dan tidak menjawab pertanyaan
4. Sering bercerita dengan versi yang berbeda, karena lupa dengan detail kebohongan sebelumnya

Namun pathological lies berbeda dengan white lies (dusta/bohong putih). White lies biasanya dilakukan dengan alasan kebaikan, cenderung bukan sebagai suatu kebiasaan.

Artinya, hanya sesekali dalam beberapa waktu, cenderung tidak merugikan, dan tidak bermaksud buruk. Selain itu, dusta putih acapkali dilakukan dengan maksud untuk menjaga perasaan orang lain. ** Baca juga: Apa Saja Fakta Tentang Pertumbuhan Rambut

Pemicu dan penyebab pathological liar masih belum diketahui dengan jelas. Hanya saja, perilaku berdusta patologis ini diduga terjadi akibat gangguan kepribadian, maupun demensia.(ilj/bbs)

Berita Terbaru