oleh

Seorang Wanita Inggris Dapat Pujian Setelah Tolak Beri Kursi pada Nenek 60 Tahun di Kereta

Kabar6-Seorang penumpang wanita yang tidak ingin diungkap identitasnya bercerita di forum Reddit tentang peristiwa tidak mengenakkan yang dialaminya di kereta.

Berawal ketika wanita itu naik kereta api di tempat duduk First Class, dari London, Inggris, dengan tujuan akhir ke Aberdeen, Skotlandia. “Saya baru-baru ini naik kereta dari London ke Aberdeen. Itu adalah tujuh jam perjalanan, jadi saya memesan First Class sejak jauh-jauh hari,” kata wanita memulai ceritanya di Reddit.

Dituturkan, “Kursi kereta kelas First Class sangat mahal di Inggris. Tapi, saya memutuskan untuk menraktir diri saya sendiri karena saya akan bekerja di kereta, jadi saya ingin memastikan saya punya banyak ruang untuk bekerja.”

Sewaktu kereta api tengah berjalan, melansir Express, tiba-tiba saja muncul seorang nenek berusia sekira 60-tahunan di gerbong yang dinaiki wanita itu. Si Nenek lalu meminta wanita tadi untuk memberikan kursi yang dia duduki kepada dirinya, dengan alasan bahwa dia adalah penumpang ‘prioritas’. Diketahui,, lansia memang termasuk golongan prioritas di kereta, sama seperti wanita hamil dan orang cacat atau berkebutuhan khusus.

Kebetulan, kursi yang diduduki oleh wanita tadi ada tanda prioritas di atasnya. Namun si wanita tetap menolak untuk memberikan kursinya kepada si nenek. “Seorang wanita, usianya sekira 60 tahunan, tiba-tiba marah sambil menunjuk-nunjuk tanda prioritas di atas kursi saya. Dengan kasarnya dia menyuruh saya pindah,” ujar wanita tadi dengan nada kesal.

“Saya bilang ke dia, saya sudah memesan kursi ini dan dia perlu berbicara ke kru kereta untuk menemukan kursinya. Tapi dia bilang, kereta sudah penuh dan tidak ada kursi lagi. Saya kemudian meminta maaf, tapi saya tidak akan pindah dari kursi itu,” tegas si wanita.

Tak lama, datang petugas kereta untuk menengahi keduanya. Rupanya, nenek tadi memesan tiket kereta tanpa nomor kursi. Ya, sistem perkeretaapian di Inggris memang mengenal adanya tiket tanpa nomor tempat duduk. ** Baca juga: Pengantin Pria di Hubei Lompat ke Sungai Hendak Bunuh Diri Usai Lihat Wajah Calon Istrinya

“Bagi kalian yang tidak tahu cara kerja kereta api di Inggris, jika kamu punya tiket tapi tidak punya nomor kursi, itu artinya kamu bisa naik ke kereta, tapi kamu tidak dijamin akan duduk di kursi, kecuali ada kursi yang sedang kosong,” jelas wanita itu.

Para traveler pengguna Reddit pun membela wanita tadi. Mereka menilai wanita itu sudah benar karena mempertahankan haknya. Pengguna Reddit malah menyalahkan perusahaan kereta mengapa mereka masih menjual tiket tanpa nomor tempat duduk, dan menurut mereka, sistem seperti itu ‘jahat’.

“Saya sering berpergian sendirian dan sering diminta untuk pindah kursi. Hanya karena saya pergi sendirian, bukan berarti saya tidak berhak atas kursi yang sudah saya bayar. Saya akan sangat senang untuk bilang TIDAK dan saya tidak peduli apa yang orang lain bilang,” komentar salah satu traveler.(ilj/bbs)

Print Friendly, PDF & Email