oleh

Persiapan Mudik Idul Fitri, Rest Area Menuju Pelabuhan Merak Harus Ditambah

Kabar6-Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, meminta pemangku kepentingan mulai mempersiapkan mudik Idul Fitri 2023 yang bakal berlangsung sekitar empat bulan lagi. Salah satu faktor yang perlu disiapkan yakni rest area di jalan tol Tangerang-Merak, serta pengaturan lalu lintas menuju Pelabuhan Merak.

Rest area harus ditambah dan dibuat nyaman, di sepanjang jalan tol Tangerang-Merak, karena akan dijadikan tempat penahan kendaraan menuju pelabuhan, sekaligus lokasi pemudik beristirahat.

Kemudian adanya rencana pendalaman dermaga di Pelabuhan Merak yang nantinya digunakan sebagai dermaga eksekutif kedua. Sehingga angkutan masyarakat ke Pelabuhan Bakauheni bisa dipercepat.

“Juga rencana ada pendalaman salah satu dermaga untuk di keruk, untuk nanti menambah kapasitas penumpang eksekutif. Kemudian ada satu alternatif pelabuhan yang akan difungsikan angkutan lebaran, ada penambahan rest area di jalan tol,” ujar Menko PMK, Muhadjir Effendy, di Pelabuhan Merak, Minggu (01/01/2023).

**Baca Juga: Dishub Tangsel Usul Perempatan Viktor Dipasang Lampu Merah

Kondisi Pelabuhan Merak sesudah puncak perayaan malam tahun baru masih sepi dari penumpang dan kendaraan. Muhadjir memprediksi, keramaian baru terjadi besok atau lusa. Sehingga harus dipersiapkan sejak saat ini, jika terjadi lonjakan.

Meski sempat dua mobil tercebur ke laut dan pelabuhan ditutup tiga kali selama libur Nataru, Menko PMK menyebutnya sebagai insiden kecil.

“Mungkin mulai besok sampai lusa akan terjadi kenaikan. Tapi secara umum sejak Nnatal dan tahun baru, semuanya berjalan dengan baik, ada beberapa insiden tapi insiden kecil saya kira,” jelasnya. (Dhi)

Print Friendly, PDF & Email