oleh

Seorang Pria Ditangkap Karena Curi Toilet Emas dari Istana di Inggris

Kabar6-Seorang pria berusia 66 tahun yang tidak disebutkan namanya, berhasil diringkus polisi karena mencuri toilet emas padat yang merupakan karya seni seniman Italia bernama Maurizio Cattelan (58). Toilet itu dipasang untuk pameran di Istana Blenheim Inggris.

“Kami sedih dengan peristiwa luar biasa ini, tetapi juga lega tidak ada yang terluka,” demikian pernyataan Istana Blenheim di Twitter. “Kami berterima kasih kepada staf kami dan Kepolisian Thames Valley atas reaksi mereka yang cepat dan berani.”

Istana Blenheime sendiri merupakan situs warisan dunia UNESCO dan tempat kelahiran mantan Perdana Menteri Inggris, Winston Churchil.

Menurut polisi Lembah Thames, melansir Pressfrom, sekelompok pencuri menggunakan setidaknya dua kendaraan untuk melakukan pencurian. Mereka menerobos dalam semalam dan meninggalkan tempat kejadian sekira dini hari pukul 4.50 waktu setempat. Toilet emas itu menurut perkiraan nilainya mencapai Rp17,5 miliar.

Disebutkan, toilet emas itu terhubung ke pipa ledeng bangunan. Akibatnya, pencopotan paksa toilet emas itu menyebabkan kerusakan besar. “Ini tidak akan menjadi hal yang paling mudah untuk dijawab,” kata Lord Edward Spencer-Churchill.

Toilet emas dengan merek Amerika itu dipasang sebagai salah satu bagian dari pameran karya Cattelan, pameran tunggal pertamanya di Inggris dalam dua dekade terakhir. Sebelum dicuri, pengunjung bisa menggunakan toilet emas paling lama tiga menit. ** Baca juga: Bikin Kecewa, Pria Ini Hanya Temukan Satu Keping Keripik dalam Kemasan yang Baru Dibeli

Seniman Cattelan disebut sebagai ‘pelawak dunia seni’. Pada 1996, ketika tidak dapat membuat sepotong karyanya sendiri untuk sebuah pameran di Amsterdam, ia mencuri seluruh karya seniman lain dan berusaha mengklaim penghargaan untuk itu. Cattelan sangat sukses dan telah menjual karya tunggal lebih dari US$10 juta.(ilj/bbs)

Berita Terbaru