Seorang Gadis Alami Kanker Langka Akibat Paparan Asbes

Macie didiagnosis dengan kanker agresif.(Dailymail)

Kabar6-Macie Greening (14) tidak pernah menyangka kalau gara-gara asbes dirinya mengalami kanker langka. Asbes adalah serat mineral yang dapat digunakan dalam berbagai ragam industri, bersifat tahan panas, dan tidak mudah menjadi abu apabila terbakar. Asbes sering digunakan untuk atap rumah atau bangunan lainnya.

Akibat paparan asbes, seperti dilansir Dailymail, Macie didiagnosis terkena kanker bernama mesothelioma peritoneum. Kanker ini hanya menyerang sembilan orang di Inggris dan 20 orang di seluruh dunia. Akibatnya, ia sudah menjalani empat kali kemoterapi dan sedang bersiap menjalani operasi.

Diketahui, asbes yang berukuran sangat kecil ini bisa dihirup dan masuk ke dalam paru-paru. Jika asbes terus menumpuk, maka akan memicu mesothelioma pada paru-paru.

Sistem Kesehatan Inggris (NHS) menyebutkan, mesothelioma sebagai kanker yang menyelimuti permukaan luar organ dalam tubuh. Mesothelioma pleura melapisi bagian paru-paru orbannya dan mesothelioma pertitoneal menyelimuti lapisan perut. ** Baca juga: Kebiasaan Gigit Kuku Sebabkan Jempol Remaja Ini Diamputasi

Biasanya, penyakit ini diderita oleh para lansia dengan usia lebih dari 60 tahun. Kebanyakan korban adalah laki-laki. Sayangnya, karena penggunaan asbes semakin banyak di seluruh dunia, maka kecenderungan kanker ini menyerang anak muda seperti kasus yang dialami Macie pun meningkat.(ilj/bbs)