oleh

Semester Pertama, Serapan Anggaran Diskominfo Tangsel Capai 35,48 Persen

Kabar6-Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) tahun anggaran 2022 sudah berjalan satu semester.

Dimana pergerakan uang daerah tersebut sudah mulai dibelanjakan atau diserap oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Seperti halnya Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangsel yang sudah menyerap anggaran 35,48 persen dari total anggaran dinas sebesar Rp49 miliar.

“Alhamdulillah sesuai dengan target kita 35,48 persen, kalaupun ada kendala ke kita, pada keuangan,” ujar Pelaksana tugas (Plt) Kepala Diskominfo Tangsel Tubagus Asep Nurdin kepada Kabar6.com di Gedung DPRD Kota Tangsel, Setu, Senin (4/7/2022).

Dijelaskan Asep, pada serapan anggaran jenis fisik sendiri, Diskominfo Tangsel sudah mencapai kurang lebih 48 persen.

Dijelaskan Asep, ada beberapa kendala penyerapan anggaran pada Diskominfo Kota Tangsel, seperti perubahan penyusunan anggaran dari Sistem Informasi Manajemen Perencanaan, Penganggaran dan Pelaporan (SIMRAL) ke Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) yang terdapat perubahan kebijakan.

“Itu kan ada perubahan kebijakan, dan aplikasi penyesuaian, apalagi aplikasi SIPD belum mengakomodir untuk pelaporan keuangan. Jadi mesti dilakukan melalui SIMRAL,” paparnya.

**Baca juga: Harga Cabai Merah Tinggi, Indag Tangsel Imbau Pedagang Gunakan Jenis Lain

Selain itu, perubahan Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) pada Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel yang juga mempengaruhi serapan anggaran APBD tahun 2022.

“Tapi alhamdulillah dari sisi progres kita tidak terlalu jauh dari target. Total Rp49 Miliar sudah sama gaji,” tutupnya.(eka)