oleh

Sejumlah Makanan yang Baik untuk Atasi Kulit Sangat Kering

Kabar6-Perubahan cuaca yang ekstrem saat ini, kadang sangat panas atau mendadak dingin, ternyata bisa mempengaruhi kulit. Selain itu, kebiasaan tidak rutin merawat kulit juga bisa merusak kulit.

Nah, salah satu masalah kulit yang sering mengganggu adalah kulit kering. Selain perawatan dengan berbaga krim, diperlukan juga perawatan dari dalam yaitu makanan yang sehat. Melansir Prevention, ini sejumlah makanan super untuk kulit yang sangat kering:

1. Susu dan madu
Kandungan lemak dan asam laktat dalam susu sangat menenangkan kulit yang teriritasi saat dioleskan. Anda bisa melakukan kompres kulit dengan susu dingin, caranya merendam kain dalam semangkuk susu dingin dan letakkan kulit yang teriritasi. Selain itu bila ingin lebih efektif. Anda bisa mencampurnya dengan madu.

Madu tidak hanya bersifat humectant yang berarti menarik dan mempertahankan kelembapan, tetapi memiliki sifat antibakteri dan antijamur membantu flora normal baik yang bertahan di kulit Anda.

2. Minyak kelapa
Selain menjadi alami pelembap, minyak kelapa juga menawarkan sifat antibakteri, antijamur, dan antivirus, sehingga tidak hanya cocok untuk kulit kering namun juga cukup lembut untuk kulit berjerawat.

3. Minyak zaitun
Apabila Anda rajin mengonsumsi minyak zaitun maka akan membantu menunda terjadinya kemunculan tanda-tanda penuaan dini seperti bintik hitam, keriput. Hal ini dikarenakan kandungan polifenol, jenis senyawa tanaman dengan sifat antioksidan yang akan membantu melembapkan kulit.

4. Kedelai
Kedelai dapat digunakan secara topikal (oles) atau dikonsumsi, kedelai meningkatkan elastisitas kulit dan mencegah kolagen penurunan jumlah kolagen.

5. Teh hijau
Teh hijau melindungi kulit terhadap sinar UV baik bila digunakan secara topikal dan ketika diseduh untuk minum, krim yang mengandung teh hijau juga efektif untuk mengatasi rosacea, jerawat, dan eksim.

Selain makanan tadi, Anda juga disarankan untuk mengurangi konsumsi junk food, minuman bersoda, merokok dan minum alkohol yang tidak baik untuk kulit. ** Baca juga: Cuci Tangan dengan Air Hangat Jauh Lebih Efektif?

Ya, makanan yang Anda konsumsi akan sangat berpengaruh pada regenerasi kulit.(ilj/bbs)

Berita Terbaru