oleh

Cuci Tangan dengan Air Hangat Jauh Lebih Efektif?

Kabar6-Setiap orang memiliki kebiasaan mencuci tangan yang berbeda-beda. Ada yang hanya menggunakan air saja, sementara lainnya menggunakan sabun atau cukup dengan hand sanitizer.

Hal yang sama, kebanyakan orang cenderung tidak begitu memperhatikan suhu air yang digunakan untuk mencuci tangan. Nah, banyak anggapan mengatakan bahwa suhu air yang lebih hangat bisa membantu membunuh kuman dengan lebih efektif saat mencuci tangan.

Benarkah demikian? Melansir doktersehat, sebuah penelitian yang dilakukan di Rutgers University, New Jersey, Amerika Serikat, beberapa waktu lalu mengungkapkan bahwa tidak masalah apabila kita memakai air dingin atau air hangat untuk mencuci tangan, karena dampaknya cenderung sama saja.

Dalam penelitian ini, 21 peserta diminta untuk membuat tangannya kotor dan terpapar bakteri yang tidak berbahaya. Setelah dicek kondisi tangannya, para peserta ini kemudian diminta untuk mencuci tangannya dengan menggunakan air dengan suhu yang bervariasi yakni 16, 26, serta 38 derajat Celcius. Proses pengecekan kebiasaan mencuci tangan ini dilakukan selama enam bulan.

Hasilnya, apa pun suhu air yang digunakan untuk mencuci tangan, tetap saja akan memberikan manfaat yang cenderung sama dalam hal menghilangkan bakteri di dalam tangan.

Hanya saja, terjadi perbedaan penggunaan energi yang dipengaruhi oleh suhu air tersebut. ** Baca juga: Meskipun Dibutuhkan, Minum Air Putih Tidak Boleh Berlebihan

“Penggunaan air dingin justru bisa menghemat energi. Hanya dalam waktu 10 detik saja saat kita mencuci tangan dengan air dan sabun, bakteri sudah mati. Air dengan suhu lebih hangat membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk memberikan dampak yang sama,” jelas Profesor Donald Schaffine yang terlibat dalam penelitian ini.

Hal terpenting adalah Anda mencuci tangan dengan cara yang benar.(ilj/bbs)

Berita Terbaru