oleh

Sejumlah Hal di Rumah yang Bisa Bikin Anda Merasa Lelah

Kabar6-Saat sedang beraktivitas, tidak jarang kita merasa sangat lelah. Kondisi tersebut merupakan hal yang biasa terjadi, terlebih apabila Anda termasuk orang dengan aktivitas sangat padat.

Namun apa jadinya apabila Anda selalu merasa lelah? Bisa jadi, melansir goodhousekeeping, penyebabnya berasal dari benda-benda atau sejumlah hal yang ada di rumah. Benarkah demikian? Berikut beberapa benda dan sejumlah hal yang dmaksud:

1. Kekacauan di rumah
Sebuah penelitian dari Princeton University Neuroscience Institute mengungkapkan, kekacauan dan lingkungan yang tidak teratur dapat menghabiskan lebih banyak energi mental untuk stres, yang bisa meningkatkan rasa lelah.

2. Dinding biru
Penelitian yang dilakukan oleh Travelodge menemukan, dinding berwarna biru bisa membantu menurunkan detak jantung, mengurangi tekanan darah, dan membuat Anda merasa mengantuk. Warna biru bagus jika digunakan untuk dinding kamar, namun tidak untuk dinding ruangan lain.

3. TV dan tablet
Keduanya memancarkan gelombang biru yang mampu menekan produksi melatonin, yaitu senyawa kimia yang membuat Anda merasa lelah dan mengantuk, dari otak sehingga Anda akan sulit tidur. Nah, sulit tidur akan membuat Anda kurang tidur dan menjadi lelah pada keesokan harinya.

4. Junk food
Makanan yang mengandung banyak karbohidrat dan gula seringkali akan menimbulkan lonjakan gula darah yang tajam, lalu turun secara drastis pula, yang membuat Anda merasa sering lelah.

5. Ponsel
Selain karena ponsel memiliki kekuatan yang bisa membuat ketagihan, penelitian dari National Sleep Foundation juga menunjukkan, sebanyak 20 persen dari orang yang berusia 19-29 tahun sering terbangun karena ponsel.

Telepon, SMS, atau notifikasi lain akan membuat Anda bangun di malam hari, sehingga jam tidur berkurang dan tidur pun tidak berkualitas. Keesokan harinya, pasti Anda merasa lelah.

6. Tirai
Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang sering mendapatkan pencahayaan alami tidurnya akan rata-rata 46 menit lebih panjang dibanding yang tidak.

Jadi, jika tirai di rumah atau di kantor terlalu gelap sehingga Anda kurang mendapatkan cahaya alami, tidur pun menjadi kurang berkualitas. ** Baca juga: Mungkinkah COVID-19 Menular Lewat Makanan Setelah Terjadi Lonjakan Kasus di Pasar?

Cermati lagi benda atau hal apa di dalam rumah yang sebenarnya membuat Anda lekas lelah.(ilj/bbs)

Berita Terbaru