oleh

Segera ke Dokter Saat Tubuh Alami 5 Masalah Ini

Kabar6-Periode menstruasi, kehamilan, menopause adalah perubahan pada wanita yang ikut mempengaruhi kondisi kesehatannya. Nah, berbagai masalah kesehatan pada wanita terkait hormonal memang paling sering terjadi.

Beberapa gejala yang menandainya tentu akan memberi informasi terkait masalah yang sedang dialami oleh tubuh seorang wanita. Melansir zliving, berikut adalah lima tanda yang harus diwaspadai oleh wanita terkait perubahan yang dialami oleh tubuhnya:

1. Pendarahan atau flek bukan pada masa menstruasi
Pendarahan hebat atau bercak di antara periode menstruasi (atau setelah menopause) yang mungkin disertai atau tidak disertai dengan rasa sakit dapat mengarah pada kondisi medis tertentu.

Pendarahan tersebut bisa terjadi akibat cedera Miss V, fibroid rahim, kehamilan ektopik, infeksi pada leher rahim, ketidakseimbangan hormon, stres berat, kekeringan pada Miss V setelah menopause, kelainan tiroid, kanker serviks, atau kanker rahim.

2. Keputihan disertai nyeri
Keputihan adalah cara tubuh menghilangkan zat beracun atau berbahaya dari Miss V. Nah, Miss V dikatakan normal jika banyaknya keputihan tidak mengalami perubahan tekstur, warna, bau.

Tetapi jika keputihan tersebut sudah abnormal seperti bau busuk, berubah warna kuning atau kehijauan disertai nyeri pastikan segera memriksakannya ke dokter.

Kondisi keputihan abnormal seperti itu menadai adanya infeksi Miss V, infeksi ragi, infeksi bakteri, vaginitis, penyakit menular seksual (PMS) atau luka genital.

3. Nyeri di daerah panggul
Setiap rasa sakit atau ketidaknyamanan di daerah panggul pada wanita harus didiskusikan dengan dokter. Catat hal-hal seperti intensitas rasa sakit, apakah itu mengganggu rutinitas rutin, apakah tajam dan berdenyut, dan berapa lama nyeri tersebut terjadi.

Nyeri pada panggul apalagi dengan nyeri yang hebat bisa jadi pertanda pecahnya kista ovarium, kehamilan ektopik atau fibroid rahim.

4. Periode haid lebih lama disertai pendarahan banyak
Jika Anda selalu mengalami menstruasi teratur, tetapi tiba-tiba terjadi perubahan dalam siklus menstruasi seperti pendarahan yang sangat banyak atau periode menstruasi tidak teratur, segeralah ke dokter.

Jangan lupa catat perubahan siklus menstruasi apakah lebih lama atau lebih pendek. Karena kondisi tersebut menandai adanya ketidakseimbangan hormon, sindrom ovarium polikistik, masalah tiroid, kehamilan, dan anemia.

5. Nyeri saat bercinta
Kadang-kadang seks bisa jadi menyakitkan karena beberapa alasan. Tetapi apabila Anda merasa tidak nyaman atau merasa sakit setiap kali bercinta, bisa jadi pertanda gangguan pada organ kewanitaan.

Jangan tunggu lama, segera periksakan ke dokter untuk mencari permasalahan yang mengganggu kenyamanan dan kesehatan Anda. ** Baca juga: Kapan Waktu Tepat Konsumsi Buah?

Jangan abaikan tanda atau perubahan pada tubuh Anda yang tidak biasa, dan segera periksakan diri ke dokter.(ilj/bbs)

Berita Terbaru