oleh

Kapan Waktu Tepat Konsumsi Buah?

Kabar6-Selama ini mungkin Anda makan buah kapan saja apabila memang menginginkan atau tidak berdasarkan waktu. Namun tahukah Anda, ternyata mengonsumsi buah ada waktunya, lho.

Seorang ahli gizi dan pendiri Slim Fitness Studio bernama Pallavi Srivastava, melansir Idiva, menyarankan untuk memperhatikan waktu yang tepat mengonsumsi buah-buahan. Hal ini dimaksudkan agar tidak mengalami gangguan pencernaan. Kapan waktu tepat mengonsumsi buah?

1. Saat udara dingin
“Buah-buahan memberikan vitamin, mineral dan antioksidan yang membantu tubuh bersosialisasi dengan dingin. Selain itu juga harus mengonsumsi cairan untuk menjaga tubuh tetap lembap,” kata Pallavi.

Buah yang cocok dikonsumsi saat udara dingin yakni jeruk, lemon, stroberi dan jeruk nipis. “Buah-buahan tersebut juga bermanfaat untuk flu,” jelasnya.

Selain itu saat dingin juga bagus mengonsumsi buah yang kaya akan serat seperti apel, pir dan melon. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Sebelum minum
“Mungkin ada yang berpendapat sebaiknya setelah mengonsumsi buah harus segera minum. Namun yang terbaik itu menunggu setidaknya 45 menit. Berbeda ketika konsumsi jeruk, maka perlu segera minum air untuk menetralkan rasa asam dari buah jeruk,” ungkap Pallavi.

3. Waktu tertentu
Menurut Pallavi, pagi hari menjadi waktu terbaik untuk mengonsumsi buah. Dianjurkan ketika perut kosong atau di antara jam makan camilan.

“Konsumsi buah juga baik saat sarapan, makan siang dan makan malam. Serta pertengahan antara makan siang menuju makan malam,” kata Pallavi. ** Baca juga: Adakah Manfaat Minum Kopi Sebelum Olahraga?

Namun Pallavi mengimbau agar menghindari konsumsi buah bersamaan dengan makanan berat. “Konsumsi buah pada waktu perut kosong karena mengandung gula yang tidak banyak, serat, nutrisi. Tubuh akan mudah menyerapnya, tetapi jika dicampur dengan makanan berat maka tidak bisa dicerna dengan baik,” katanya.

Makan buah pada waktu yang dianjurkan memberi manfaat lebih maksimal.(ilj/bbs)

Berita Terbaru