oleh

Sebuah Supermarket Dituntut Seorang Pembeli Karena Uang Kembalian Kurang 0,04 Yuan

Kabar6-Seorang pria bermarga Xiao memenangkan gugatan hukum terhadap sebuah jaringan supermarket Yonghui, karena uang kembalian yang diberikan kurang. Xiao yang tinggal di Provinsi Shaanxi, Tiongkok, ini berbelanja dengan total uang yang harus dibayarkan adalah 54,76 Yuan atau Rp115 ribu.

Xiao pun membayar dengan uang 55 Yuan. Seharusnya, melansir AsiaOne, Xiao mendapat kembalian 0,24 Yuan atau Rp504. Tapi yang terjadi, Xiao hanya mendapat 0,2 Yuan atau sekira Rp420. Itu artinya, uang kembalian dari supermarket kurang 0,04 Yuan atau sekira Rp84. “Mereka dengan ilegal mengambil kembalian 0,04 Yuan dari saya. Dengan menuntut mereka, saya hanya ingin mereka mengembalikan apa yang menjadi hak saya,” jelas Xiao.

Pengadilan memutuskan untuk memenangkan perkara Xiao. Jaringan supermarket Yonghui diperintahkan untuk mengembalikan uang 0,04 Yuan dan membayar biaya perkara 50 Yuan atau Rp105 ribu.

Pengacara yang mewakili Supermarket Yonghui mengatakan, metode memberikan kembalian dengan membulatkan angka sebenarnya bukanlah pilihan yang baik. Hal ini karena pemberian kembalian dengan metode seperti itu bukanlah bentuk penghormatan hak-hak konsumen, serta menyebabkan mereka dalam kondisi tidak nyaman.

“Karena itu, izinkanlah kami untuk menyampaikan permintaan maaf kepada Tuan Xiao dan publik atas ketidaknyamanan yang kami timbulkan,” kata kuasa hukum Yonghui. ** Baca juga: Pria Ini Terserang Stroke Gara-gara Main Game Selama 50 Jam

Ya, bukan jumlah uang yang dipermasalahkan, namun bentuk tanggung jawab pihak supermarket terhadap hak konsumen.(ilj/bbs)

Berita Terbaru