oleh

Saran Menteri Gita, Jadilah Konsumen Cerdas

Kabar6-Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan, mengakui bila peredaran komiditi makanan yang mengandung bahan tercemar telah beredar bebas di pasaran.

Oleh karena itu, kecerdasan mendeteksi setiap individu sangat dibutuhkan untuk mengkonsumsi secara bertanggung jawab.

“Kalau anak-anak muda kita cerdas, maka dapat mempengaruhi orangtuanya,” ungkap Gita, di SMA Negeri 2 Kota Tangsel, di acara edukasi konsumen cerdas, Selasa, 8 Agustus 2012.

Gita menjelaskan, ada empat pesan yang ingin disampaikan dalam memahami pola perkembangan industri kuliner dan metode pemahamannya. Pertama, kerangka regulasi yang terkait dengan perlindungan konsumen masih dalam tahap perbaikan.

Kedua, terkait pemberlakuan dan aksi. Gita mengungkapkan, dalam beberapa tahun terakhir ini pihaknya telah melakukan pendeteksian. Banyak sekali ditemukan kasus-kasus peredaran makanan yang mengandung zat kimia berbahaya.

“Agar kita lebi cerdas dalam pola konsumsi kedepannya,” ungkap Gita. Ketiga, tentang penegakan. Kepekaan terhadap peraturan yang ada. Pemerintah, terangnya, telah menyalurkan rapid test kit ke seluruh kabupaten/kota di Indonesia.

Keempat mengenai hati nurani sebelum mengkonsumsi sebuah produk makanan dan minuman. “Bila masyarakat masih ingin berbudaya murah kenyang. Pastinya akan terus mengkonsumsi produk-produk yang terus melanggar peraturan,” ujar Gita.

Dia optimis, kedepannya antara pemerintah pusat dan daerah bisa mengedepankan semangat konsumsi yang bertanggungjawab. “Kita harus saling mendidik dan mengedukasi agar nanti bisa mengkonsumsi yang bertanggungjawab,” tutupnya. (yud)

Berita Terbaru