oleh

Rp 3,5 Triliun Untuk Perluasan PT Nippon di Cilegon

Kabar6-PT Nippon Shukobai Indonesia, perusahaan petrokimia asal Jepang, mengucurkan dana senilai Rp 3,5 triliun untuk ekspansi perluasan kapasitas pabrik di Cilegon.

Perusahaan yang memproduksi acrylic acid ini menambah kapasitas pabrik hingga 80.000 ton per tahun, sehingga total kapasitasnya mencapai 140.000 ton.

“Penambahan kapasitas produksi Nippon diharapkan bisa memenuhi kebutuhan domestik dan ekspor,” kata MS Hidayat, Menteri Perindustrian, Kamis (24/10/2013).

Selain melakukan perluasan kapasitas pabrik, PT Nippon juga menambah kapasitas produksi Superabsorbent Polymer (SAP), yakni bahan baku popok sekali pakai yang merupakan turunan dari Acrylic Acid dengan kapasitas 90.000 ton.

Saat ini, SAP sendiri sudah diproduksi di Jepang, Amerika, Eropa, dan China.

Masakazu Tanaka selaku Presiden Direktur Nippon Shukobai mengatakan, permintaan popok yang tinggi menjadi alasan perusahaan untuk menambah kapasitas.

Proyek perluasan pabrik juga bertujuan untuk mengoptimalkan perolehan nilai tambah melalui pemanfaatan bahan baku ethylene dari PT Chandra Asri Petrochemical dan soda kaustik dari PT Asahimas Chemical.(bbs/jus)

Berita Terbaru