Home / Aneka Berita / Sehat / Pukul Bokong Anak Sebagai Hukuman Bisa Sebabkan Perubahan Otak
Ilustrasi/bbs

Pukul Bokong Anak Sebagai Hukuman Bisa Sebabkan Perubahan Otak

Kabar6-Sebagian orangtua memberi hukuman fisik pada anak mereka saat tidak patuh dengan memukul bokong. Nah tahukah Anda, kebiasaan tersebut ternyata tidak disarankan? The American Academy of Pediatrics memperingatkan bahaya jangka panjangnya memuul bokong anak.

Beberapa bahaya yang ditimbulkan, melansir Sindonews, bisa menyebabkan agresi, perubahan otak, penyalahgunaan zat dan perilaku bunuh diri di masa dewasa. Beberapa orangtua juga percaya bahwa memukul dapat menyebabkan perbaikan perilaku jangka pendek. Penelitian menunjukkan, memukul tidak lebih efektif daripada hukuman non-fisik, termasuk timeout, menetapkan batas tegas dan menetapkan konsekuensi yang tidak diinginkan. Para dokter anak menyarankan untuk meletakkan mainan favorit atau mengurangi waktu bermain gadget.

“Meskipun banyak anak-anak yang dipukuli menjadi orang dewasa yang bahagia dan sehat, bukti saat ini menunjukkan bahwa memukul tidak diperlukan dan dapat mengakibatkan kerugian jangka panjang,” demikian saran perkumpulan dokter anak tersebut.

Studi yang diterbitkan dalam dua dekade terakhir telah mendukung bukti bahwa memukul pantat dapat membuat anak-anak muda lebih agresif dan menentang. Sementara, penelitian lain telah menghubungkan hukuman fisik di masa kanak-kanak dengan perubahan otak, kemudian pada orang dewasa muda termasuk mengurangi materi abu-abu dan peningkatan kadar hormon stres. ** Baca juga: 5 Mitos Cara Dapatkan Perut Rata

Menurut penelitian, perilaku bunuh diri, penyalahgunaan zat dan amarah adalah salah satu konsekuensi jangka panjang dari memukul. The American Academy of Pediatrics juga memperingatkan terhadap pelecehan verbal yang keras termasuk mempermalukan anak-anak.(ilj/bbs).

Check Also

Benarkah Cukup Minum Bikin Badan Langsing?

Kabar6-Sejumlah ahli bahkan berpendapat, konsumsi air putih dalam jumlah memadai dapat membantu seseorang yang sedang ...