Home / Aneka Berita / Busyet Dah / Lubangi Hidung & Tato Wajah Jadi Cara Wanita Suku Apatani Lindungi Diri
Wanita suku Apatani dengan tato wajah & hidung yang dilubangi.(Pinterest)

Lubangi Hidung & Tato Wajah Jadi Cara Wanita Suku Apatani Lindungi Diri

Kabar6-Ada banyak cara yang dilakukan untuk melindungi diri. Namun cara yang dilakukan oleh wanita suku Apatani di India ini terbilang tak biasa. Suku Apatani berada di Ziro Valley, sebuah desa kecil di Arunachal Pradesh India. Jumlah anggota suku Apatani kala itu mencapai 60 ribu jiwa. Sejak dulu, kelompok suku Apatani sering dipuji karena mereka melakukan pekerjaan bertani secara efisien, bahkan tanpa mesin dan hewan.

Wanita Apatani, melansir Dailymail, selalu dianggap yang paling indah atau cantik di antara suku lainnya di Arunachal. Kecantikan mereka kerap menjadi incaran suku-suku lain. Tidak jarang hal ini pun menimbulkan masalah dan peperangan. Karena itulah, banyak wanita suku Apatani yang diculik dan tidak pernah kembali. Demi melindungi diri mereka, wanita suku Apatani akan melubangi hidung dan menutupnya dengan kayu. Hal ini dilakukan agar mereka tidak lagi menarik bagi suku lain. Mereka diharuskan untuk memakai aksesoris tersebut setiap hari.

Selain itu, wanita Apatani juga menato tubuh mereka secara vertikal dari dahi ke ujung hidung dan lima garis di dagu mereka. Tradisi ini dilakukan sejak mereka beranjak dewasa, ketika menstruasi untuk pertama kalinya. Namun, kebiasaan ini tidak lagi dilakukan oleh wanita kelahiran 1970, sehingga tradisi ini dilupakan dan menghilang seiring berjalannya waktu. ** Baca juga: Penasaran, Seorang Bocah Nekat Masuk ke Mesin X-ray Stasiun Kereta Api

Saat ini, penduduk suku Apatani hanya tersisa 26 ribu orang. Di sana masih dapat ditemui wanita Apatani yang melakukan tradisi tersebut. Bentuk hidung dan tato yang menempel pada wajahnya akan menjadi pengingat kisah sulit yang harus dilewati wanita suku Apatani untuk bertahan hidup di desanya.(ilj/bbs)

Check Also

Pemerintah Kota New York Larang Penggunaan Rokok Elektrik di Tempat Publik

Kabar6-Rokok elektronik (Elecronic Nicotine Delivery Systems atau e-Cigarette) adalah sebuah inovasi dari bentuk rokok konvensional ...