oleh

Program PAMUNGKAS, Rahasia MAN IC Serpong Raih Peringkat 1 Nasional LTMPT 2021

Kabar6-Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Serpong tahun 2021 lalu berhasil menempati peringkat 1 Nasional versi Lembaga Test Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Keberhasilan itu, tidak serta merta diperoleh karena kepintaran siswa saja, melainkan ada program dari Madrasah yang membuat keunggulan dari kepintaran siswa itu terasah menjadi suatu hal yang lebih istimewa.

Hal itu, karena MAN IC Serpong memiliki Program Peningkatan Mutu Unggul Akademik Siswa (PAMUNGKAS) yang dicanangkan untuk memenuhi target Madrasah, yaitu diterimanya 90 persen lulusan Madrasah masuk ke Perguruan Tinggi (PT) berkualitas di dalam negeri maupun luar negeri di setiap tahunnya.

Kepala Urusan Tata Usaha MAN Insan Cendekia Serpong Ihsan Suryadi menerangkan, inovasi PAMUNGKAS itu terdiri dari 4 program unggulan yang memang diimplementasikan di Insan Cendekia ini sejak tahun 2018.

“Program unggulan yang kita lakukan pertama adalah kita kasih nama Responsi, Responsi itu penambahan jam pada materi mata pelajaran peminatan di semua level dan kelas,” ujarnya kepada Kabar6.com di MAN IC Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Rabu (18/5/2022).

Dijelaskan Ihsan, program unggulan yang kedua adalah bimbingan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK), yaitu bimbingan intensif untuk siswa kelas 12 yang berisi try out internal serta try out eksternal.

Selanjutnya, ada program ‘Wawasan Perguruan Tinggi’, program itu merupakan kegiatan bimbingan karir, roadshow alumni, kunjungan kampus, serta pameran Perguruan tinggi.

“Yang terakhir adalah ‘Potret Diri’, ini adalah penggalian potensi, minat, dan bakat siswa, oleh Psikolog profesional. Jadi pendampingan, pengelolaan emosional siswa ini dilakukan dalam kegiatan potret diri,” terangnya.

Menurutnya, keempat program dari inovasi ‘PAMUNGKAS’ sangat berpengaruh besar dan berdampak signifikan terhadap siswa kelas 12.

Bahkan dengan adanya program ‘PAMUNGKAS’ mampu mengantarkan siswa MAN Insan Cendekia Serpong menempati rangking dengan nilai tertinggi pada skor UTBK Nasional.

**Baca juga: Kekerasan Anak di Serpong, P2TP2A Berikan Layanan Psikolog ke Korban

“Inovasi PAMUNGKAS mampu mengantarkan siswa MAN Insan Cendekia Serpong menempati rangking nilai tertinggi pada Skor UTBK Nasional, bahkan di 2021 di peringkat pertama menurut Lembaga Test LTMPT,” paparnya.

“Mudah-mudahan di tahun ini Insan Cendekia menjadi nomor 1 terbaik untuk tingkat Sekolah Menengah Nasional,” tutupnya.(eka)