oleh

Planet Venus Ideal Bagi Kehidupan Alien?

Kabar6-Para ilmuwan telah menemukan molekul langka di awan planet Venus, yang menunjukkan koloni mikroba hidup dapat berkembang di lingkungan bebas oksigen di bagian atas atmosfer planet.

Sementara permukaan Venus, melansir Foxnews, terlalu panas untuk menopang kehidupan dengan suhu rata-rata sekira 867 Farenheit. Para astronom berspekulasi, kehidupan dapat bertahan di atmosfer planet yang tinggi itu, di mana kondisinya jauh lebih moderat.

Tim astronom internasional yang dipimpin oleh Profesor Jane Greaves dari Universitas Cardiff telah mengumumkan penemuan gas fosfin di awan tinggi ini, sebuah molekul yang diproduksi di Bumi oleh mikroba yang hidup di lingkungan bebas oksigen serupa.

Molekul fosfin, yang terdiri dari atom hidrogen dan fosfor, pertama kali terdeteksi dari James Clerk Maxwell Telescope (JCMT) di dekat puncak Mauna Kea di Hawaii.

“Ini adalah eksperimen murni yang dibuat dari keingintahuan, dengan memanfaatkan teknologi canggih JCMT,” kata Profesor Greaves, pemimpin penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature Astronomy.

Ditambahkan, “Saya pikir kita hanya bisa mengesampingkan skenario ekstrem, seperti awan yang dipenuhi organisme. Ketika kita mendapat petunjuk pertama tentang fosfin dalam spektrum Venus, itu mengejutkan!” ** Baca juga: Sadis! Pentolan Mafia Sisilia Gigit dan Telan Jari Penjaga Penjara

Di lokasi itu pula para ilmuwan yakin merupakan tempat ideal bagi kehidupan mahluk asing atau alien.(ilj/bbs)

Berita Terbaru