oleh

PIF 2019, Puspiptek Ajak Masyarakat Ciptakan Inovasi

Kabar6-Libatkan kaum muda dalam berkarya, Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) akan menggelar Puspiptek Innovation Festival (PIF) 2019 pada 3-6 Oktober 2019 mendatang.

Kepala Puspiptek, Sri Setyawati menjelaskan, PIF adalah projek inovasi yang melibatkan para generasi muda hingga mereka yang menghasilkan produk.

“Gelaran PIF ketiga ini akan mengkomunikasikan semua hasil-hasil penelitian,” ungkap Sri Setyawati di Gedung Graha Widya Bakti Puspiptek, Selasa (1/10/2019).

Dikatakan Sri, PIF ini akan memberikan pengetahuan ke masyarakat, meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya teknologi dan inovasi. “Ya, sehingga semua dilibatkan,” ungkapnya.

PIF 3 ini, lanjut Sri, mengusung tag line ‘Innovation did not limit’ dengan arti bahwa inovasi itu tidak ada batasan.

“Bukan inovasi itu adanya di Puspiptek aja, siapapun bisa berinovasi, siapapun kita bisa berinovasi bisa menghasilkan produk,” jelasnya.

Contohnya dirumah ibu-ibu, lanjut Sri, yang misalkan dia tidak bekerja dia bisa berusaha menghasilkan produk, kalau dia tidak cukup teknologi, dia bisa minta bantuan teknologi.

“Disatu sisi yang lain kalau misalnya ada produk intensif hasil penelitian kemudian dikembangkan jadi produk inovasi,” tuturnya.

Sri melanjutkan, jadi yang disebut inovasi did not limit itu semua bisa berinovasi, tidak ada alasan bahwasannya tidak bersekolah.

“Enggak siapapun, itu mereka-mereka yang ada kekurangan kan bisa mereka bisa mengembangkan kaki palsu. Yang penting itu kan ide nya,” bebernya.

**Baca juga: Pilkada Tangsel 2020, Polres Ajukan Dana Pengamanan Rp 6,9 Miliar.

Sri mengatakan, kemudian Puspiptek ingin menggelorakan, semua masyarakat indonesia ayolah Indonesia itu jangan jadi masyarakat pengguna saja.

“Jadi masyarakat penemu sekarang, jadi pengembang inovasi, jadi sesegera mungkin ada produk-produk kita nih yang menghasilkan,” pungkasnya.(eka)

Berita Terbaru