oleh

Perusahaan Pariwisata Antariksa AS Tawarkan Perjalanan ke Luar Angkasa Naik Balon Raksasa

Kabar6-Sepertinya pesawat pada masa depan bukan lagi menjadi satu-satunya transportasi untuk dapat ‘melihat’ Bumi. Pada 2024 mendatang, sebuah perusahaan pariwisata antariksa Space Perspective di Amerika Serikat (AS), berencana mengirim wisatawan ke stratosfer menggunakan balon raksasa.

Stratosfer adalah lapisan kedua dari atmosfer Bumi, terletak di atas troposfer dan di bawah Mesosfer. Ketebalannya sekira 15-55 km. Di lapisan ini terdapat lapisan ozon yang terbentuk pada ketinggian 20 km.

Lapisan ozon berfungsi menyerap radiasi sinar ultraviolet, sehingga melindungi Bumi dari bahaya radiasi sinar tersebut. Antara lapisan Troposfer dan Stratosfer terdapat lapisan Tropopause.

Perjalanan ke stratosfer tersebut, melansir thesun, akan memberikan wisatawan pemandangan sekaligus pengalaman spektakuler, melihat Bumi dari luar angkasa. Nantinya, balon raksasa bernama Spaceship Neptune ini akan dilengkapi pod yang berisi minibar, toilet, dan banyak jendela besar yang memungkinkan wisatawan melihat pemandangan dari luar Bumi.

Kabarnya, Spaceship Neptune mampu mengangkut dan menerbangkan sembilan penumpang, termasuk pilot, hingga ketinggian maksimal 10 ribu kaki dari permukaan Bumi. Perjalanan dari darat hingga ke stratosfer ditaksir mencapai waktu dua jam.

Sesampainya di stratosfer, para wisatawan akan diajak untuk melayang di atas Samudra Atlantik selama dua jam sebelum akhirnya kembali ke Bumi. Meski perusahaan belum mengumumkan tarif perjalanan wisata luar angkasa ini, disebutkan bahwa wisatawan harus merogoh kocek sebesar sekira setara Rp1,77 miliar.

Sebagai langkah awal, Space Perspective akan melakukan uji penerbangan tanpa awak pada awal 2024. “Untuk pertama kalinya, kami dapat membuat sensasi penerbangan antariksa dapat diakses oleh Anda dan penjelajah kami, dengan cara yang aman dan nyaman dengan persyaratan fisik minimal dan semudah menaiki pesawat terbang,” demikian tulis Space Perspective dalam laman resminya.

Setelah Spaceship Neptune rampung, perusahaan menargetkan setidaknya mereka melayani 500 penerbangan dalam satu dekade awal. Penerbangan balon raksasa nanti akan lepas landas dari Kennedy Space Center di Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat. ** Baca juga: Canggih, Sistem AI Bisa Baca Pikiran untuk Diterjemahkan dalam Kata dan Gambar

Sebuah pengalaman yang memicu adrenalin. Berminat?(ilj/bbs)

Berita Terbaru