oleh

Pengamat Politik Ungkap Zaki Cocok Maju di Pilgub Banten

Kabar6-Forum Politik Indonesia mengusulkan Ketua DPD Golkar DKI Jakarta Ahmed Zaki Iskandar untuk bertarung di Pemilihan Gubernur Banten pada 2024 mendatang. Mereka pun mengusulkan untuk Pilgub DKI Jakarta yang memiliki kans keterkenalan terbesar yakni Tantowi Yahya.

Pengamat Politik dari Forum Politik Indonesia, Tamil Selvan mengatakan partai Golkar di DKI Jakarta merupakan partai gurem. Sebab posisi Golkar di DKI Jakarta tidak menempati posisi yang dianggap seksi.

“Kalau kemudian Golkar di DKI mau berjaya 2024 adalah momentum untuk Golkar di DKI berjaya. Caranya saya menawarkan untuk Golkar di DKI Jakarta mengusung Tantowi Yahya,” ujar Tamil kepada Kabar6, Selasa (5/10/2022).

“Hari ini saya bicara Tantowi Yahya gak ada yang gak kenal. Tapi balik saya tanya nama bang Zaki (Zaki Iskandar, Bupati Tangerang) mohon maaf kira-kira berapa persen masyarakat DKI Jakarta yang kenal,” sambungnya.

Tamil mengatakan dirinya pernah berbicara soal Airin, Mantan Wali Kota Tangerang Selatan, berpeluang untuk maju di Pilgub DKI Jakarta. Hal tersebut bukan tanpa alasan. Lantaran masyarakat yang tinggal di Tangerang Selatan masih ber-KTP DKI Jakarta.

“Dia (masyarakat) tidak bisa memiliki hunian di DKI namun hijrah ke Tangerang selatan. Tapi KTP masih DKI, dia kemudian mendapatkan manfaaat dari kebijakan-kebijakan yang dilakukan Airin. Ini menjadi buah bibir di DKI sehingga itu parameter masyarakat DKI lebih kenal bu Airin,” katanya.

Sedangkan menurutnya, masyarakat DKI Jakarta yang tinggal di Kabupaten Tangerang namun ber-KTP DKI Jakarta masih relatif rendah.

“Saya lebih menjagokan ketika Zaki turun bertarung di Banten itu menjadi sesuatu yang lebih baik buat Golkar, lebih realistis. Kalau bicara Golkar DKI saya sebagai pengamat politik mengusulkan Golkar itu mengambil momentum di 2024 dengan mengusulkan Tantowi Yahya,” terangnya.

Tamil menjelaskan Pilgub DKI Jakarta dinilai bakal perang bintang. Misalnya ada nama Susi Pujiastuti, Risma atau anaknya pak Jokowi turun gelanggang Pilgub DKI Jakarta.

“Golkar itu kan kemudian harus realistis DKI dia akan memasangkan aktor politik di posisi wakil, tapi coba teman-teman (awak media) bayangkan Tantowi Yahya diturunkan yang kemudian track record nya jelas, dia kemudian pernah jadi dubes,” ungkapnya.

“Walaupun persentase Golkar kecil tapi memiliki kemungkinan untuk dimunculkan Gubernur bukan Wakil Gubernur. Ini secara politik praktis memiliki keuntungan bagi Golkar memang atau kalah persentase akan meningkat,” tandasnya.

Sebelumnya, Pengamat Politik Ujang Komarudin menakar peluang Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar yang kerap diperbincangkan untuk mencalonkan diri baik pemilihan Gubernur DKI Jakarta maupun Gubernur Banten, pada Pilkada serentak 2024 mendatang.

**Baca juga: Gercep, Paving Block Stadion Benteng Langsung Diperbaiki

Menurut Direktur Eksekutif Indonesia Political Review itu, Zaki Iskandar tinggal memilih. Sebab Zaki di dua daerah tersebut begitu potensi untuk mencalonkan diri.

“Ya tinggal dipilih saja. Artinya di DKI punya potensi karena dia Ketua DPD Golkar DKI, di Banten juga punya potensi,” ujar Ujang saat dimintai keterangan di Kitri Bakti, Curug, Kabupaten Tangerang, Selasa (27/9/2022). (Oke)