oleh

Pemuda Harus Mampu Menggelorakan Semangat Sumpah Pemuda

Kabar6-Anggota Dewan Perwakilan Daerah DPD RI asal Banten H. Andika Hazrumy mengemukakan, pemuda Indonesia termasuk di Banten, harus mampu menggelorakan semangat Sumpah Pemuda.

Di dalam semangat ini termasuk menghargai para pejuang yang telah menyatukan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Sejarah terbentuknya bangsa ini dipelopori oleh para pemudanya. Maka sebagai bangsa yang besar, para pemuda Indonesia tidak boleh melupakan sejarah dan menghormati para pemimpinnya,” kata Andika Hazrumy dalam rangka menyambut peringatan Hari Sumpah Pemuda yang berlangsung pada Senin (28/10/2013).

Ia mengemukakan, di era globalisasi saat ini, pemuda harus bahu membahu mengisi kemerdekaan. Adanya perbedaan pandangan dan ideologi bukan untuk saling menghancurkan kreatifitas, namun dalam rangka mengisi kemerdekaan.

“Perbedaan yang kita miliki bukan berarti menihilkan perbedaan, apalagi semata-mata didasarkan pada rasa kebencian, berburuk sangka, fitnah, dan ketidakadilan,” ujarnya.

Menurut Andika, sebagai calon pemimpin dan pelaku sejarah, pemuda harus selalu berpegang teguh pada idealisme, obyektivitas, dinamis, dan kesantunan yang berkeadaban. Baca juga: Gerakan Kebersihan di Lebak Ala Tagana Banten.

“Harus mampu menghapus segala bentuk pemikiran primitif dan destruktif yang ada dalam diri kita,” terangnya. Baca jug: Kinerja Pernan DPD di Parlemen Harus Ditingkatkan.

Andika sendiri dikenal sebagai salah satu tokoh perekat antar kelompok di tengah masyarakat. Melalui berbagai kegiatan, ia kerap mendorong kaum pemuda untuk terus menjaga dan memelihara persatuan serta menghormati para pemimpinnya. Baca juga: Kader Karang Taruna Banten Teruslah Mengabdi.

“Jika tidak mampu menghormati para pemimpin, maka sejatinya kita sebagai pemuda tengah merancang kegagalan menjadi pemimpin di masa mendatang,” ucap Koordinator Tagana Banten ini.(rani)

 

Berita Terbaru