oleh

Pemkab Tangerang Berikan Dana Hibah Pengamanan Pilkades, Ini Rinciannya

Kabar6-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang memberikan dana hibah pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2019 yang akan digelar pada 8 Desember mendatang.

Berdasarkan data dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Tangerang, dana hibah pengamanan itu dibagikan untuk Polres Kota Tangegrang, Polres Metro Tangerang, dan Polres Tangerang Selatan.

Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa pada DPMPD Kabupaten Tangerang Ahmad Hapid mengatakan, Pemkab Tangerang sudah mengalokasikan dana hibah pengamanan Pilkades serentak untuk tiga polres dengan total Rp6,8 Miliar melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

Total dana hibah itu dengan rincian untuk Polres Kota Tangerang Rp3,1 miliar, Polres Metro Tangerang Rp2,5 miliar, dan Polres Tangerang Selatan Rp1,29 miliar.

“Selain itu, Pemkab juga memberikan dana hibah pengamanan Pilkades serentak ke Kodim 0510/Tigaraksa dengan alokasi Rp1,5 miliar,” kata Ahmad kepada wartawan diruangnya, Sabtu (20/7/2019).

Ahmad menjelaskan, Pemkab Tangerang memberikan dana hibah pengamanan Pilkades serentak untuk tiga polres karena 153 Desa peserta Pilkades serentak tersebar di tiga wilayah hukum Polres.

Nantinya, kata Ahmad, Satpol PP akan bekerja sama dengan Polri dan TNI untuk mengamankan Pilkades Serentak.

“Terkait desa yang dianggap rawan konflik. Kami sedang melakukan pemetaan,” jelasnya.**Baca juga: Bahaya..! Ada Lubang Menganga di Jembatan Cimanceuri.

Ahmad menuturkan, tahapan Pilkades serentak sudah mulai dilaksanakan oleh Pemkab Tangerang melalui tim dukungan elemen satuan kinerja (Desk) pilkades dengan menggelar sosialisasi pilkades kepada seluruh camat se-Kabupaten Tangerang, kepala desa (kades), dan badan permusyawaratan desa (BPD) di 153 desa yang akan menggelar pilkades.

“Sementara, pengumunan dan pendaftaran bakal calon akan dilaksanakan 14 September mendatang,” pungkasnya.(Vee)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru