oleh

Pilwalkot Tangsel 2020 Munculkan Sederet Bacalon Muda

Kabar6-Menjelang kontestasi pemilihan walikota (Pilwakot) Tangerang Selatan (Tangsel) 2020 mendatang sejumlah nama sosok baru bakal calon atau bacalon kandidat terus bermunculan. Para bacalon pengganti Airin Rachmi Diany yang telah menjadi penguasa selama sepuluh tahun ini beberapa di antaranya kaum muda.

“Munculnya banyak kandidat memberikan banyak pilihan untuk warga. Mereka bisa mulai mempelajari rekam jejak, kapasitas, dan ide-ide yang ditawarkan untuk pembangunan Tangsel. Dengan begitu, kompetisi menjadi lebih sehat”, ujar Yohan, pengamat politik Yohan Wahyu lewat siaran pers yang diterima kabar6.com, Sabtu (20/7/2019).

Menurut peneliti Litbang Kompas ini Kota Tangsel membutuhkan figur pemimpin baru yang membawa gagasan-gagasan segar. Figur tersebut harus bisa membawa percepatan pembangunan.

“Tangsel adalah kota penyangga ibukota yang penting, karenanya harus berbenah. Infrastruktur dan fasilitas kota, pelayanan publik, akses untuk kesejahteraan warga harus lebih diperhatikan. Kultur birokrasi dan setting pembangunan kota harus sejalan dengan visi sebuah kota modern yang nyaman dan berkarakter. Tangsel membutuhkan figur pemimpin zaman ini, yang datang dengan ide kreatif dan inovatif,” tambah Yohan.

Yohan berharap muncul nama dari kalangan anak muda yang memiliki kemampuan dan menawarkan harapan perbaikan. Sosok tersebut bisa dari partai, profesional, masyarakat sipil atau entrepreneur kreatif.

“Tangsel membutuhkan percepatan pembangunan, di situ dibutuhkan energi muda kreatif untuk memimpin percepatan tersebut,” ujarnya.

Sementara diwawancarai terpisah Presiden Komunitas Tangsel Creative Foundation, Hilmi Fabeta, mendukung figur anak muda kreatif memimpin Tangsel paska Airin. Figur muda akan menjadi representasi populasi yang sangat besar di Tangsel hari ini.

“Mereka tergabung di berbagai komunitas kreatif, mahasiswa atau pelajar dan profesional. Pemimpin muda yang bersih, inovatif, berjiwa entrepreneur dibutuhkan untuk memajukan dan membuat bangga warga Tangsel dalam menghadapi era milenial ini.” utaranya.

**Baca juga: Razia di Gading Serpong, Pria Gemulai Nangis Pegangi Bulu Mata.

Hilmi yang juga pengajar Pradita Summarecon Institute ini menyebutkan sejumlah nama potensial. “Sekarang kan sudah beredar nama-nama bakal calon walikota yang muda,” ungkapnya.

Sebut saja seperti Andiara Aprilia Hikmat, Suhendar, serta ada nama Fahd Pahdepie, pengusaha muda Tangsel yang juga pegiat ekonomi kreatif. “Figur-figur muda seperti ini harus kita dorong untuk ikut memajukan Tangsel,” jelas Hilmi.(yud)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru