oleh

Pemerintah Segera Gunakan GeneXpert Untuk Tangani Covid19

Kabar6-Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid19 Doni Monardo mengatakan, Indonesia kini memiliki tiga jenis alat tes cepat untuk Corona Virus Disease 2019 (Covid19).

Salah satunya adalah alat pendeteksi Tuberculosis GeneXpert yang jumlah dan sebarannya sangat banyak di Indonesia.

“Sekarang kita sudah bisa datangkan reagen untuk PCR untuk test Covid19 yang (kini) sudah mencapai satu juta unit, serta akan datang (cartridge, red) GeneXpert,” ujar Doni, Kamis (7/5/2020).

Nantinya, Doni menerangkan, jika Cartridge datang dengan jumlah besar, GeneXpert alat deteksi TBC ini bisa dioptimalkan di tiap Puskesmas.

“Alat ini sudah lama tidak digunakan karena walaupun Indonesia nomor tiga peringkat penyakit TBC dunia tetapi semakin hari kan semakin berkurang dan penggunaanya juga semakin berkurang,” ungkap Doni.

Tetapi, karena jumlah alat GeneXpert cukup banyak dari data tim gugus tugas jumlahnya bisa sampai ratusan, makanya Kemenkes mendatangkan cartridge Genexpert untuk dialih fungsikan menjadi alat tes cepat Covid19.

Meski demikian, masalah dalam upaya penggunaan alat yang hasilnya keluar dalam waktu 30 menit sampai satu jam dan presisi ini adalah kurangnya sumber daya manusia (SDM) yang bisa mengoprasikannya.

“Kekurangan ini akan kita tutupi dengan pelatihan petugas laboratorium,” jelasnya.

**Baca juga: Saat Reses, DPRD Tangsel Dibanjiri Aduan Terkait Bansos Covid-19.

Ditanyai perihal adanya pengadaan 1.500 cartridge GeneXpert untuk ujicoba awal, Doni mengatakan, Cartridge itu sudah disebar ke daerah-daerah untuk dilakukan ujicoba.
“Setahu saya mungkin sudah kan ada beberapa hari kemarin kemudian mudah-mudahan sudah dikirim,” tutup Doni.

Selain itu, Doni mengatakan, adapun satu juta reagen PCR yang diadakan oleh pihaknya kini sudah disebarkan ke daerah-daerah secara bertahap.(Tim K6)

Berita Terbaru