oleh

PDAM TB Optimis Realisasi Kerjasama PT Moya Akhir 2014

Kabar6-PDAM Tirta Benteng (TB) Kota Tangerang optimis bila kerjasama yang digagas dengan PT Moya Indonesia bakal segera terealisasi akhir tahun 2014 atau paling lambat awal tahun 2015.

Kerjasama itu sekaligus bakal menjawab kebutuhan air bersih dari sekitar 50 ribu warga Kota Tangerang yang kini masuk dalam daftar tunggu calon pelanggan PDAM TB.

“Sekarang kita sudah masuk ke tahap pengkajian FS (Feasibility Study). Kalau tidak ada masalah, prosesnya satu bulan bisa selesai. Dan, tahap selanjutnya sudah bisa action,” ujar Plt Dirut PDAM TB, Tony Wismantoro, Kamis (30/10/2014).

Dijelaskan Tony, kerjasama dengan PT Moya akan berlangsung selama 25 tahun, dengan nilai investasi mencapai Rp. 1,03 triliun yang dilakukan secara bertahap.

Investasi PT Moya termasuk pembangunan instalasi pengolahan air (IPA) baru dengan kapasitas 3×500 liter per detik dan pipanisasi sebanyak 120 ribu sambungan.

Merujuk rencana awal, proyek tersebut akan mencakup 3 zona, yaitu, Zona 1 meliputi Kecamatan Cipondoh, Neglasari, Benda dan Batu Ceper. Zona 2 Karawaci, Cibodas, Jatiuwung, Priuk serta Zona 3 Karang Tengah, Pinang, Larangan, Ciledug.

“Untuk tahap awal, akan dilakukan satu zona terlebih dahulu,” ujar Tony. **Baca juga: Kerjasama PDAM TB dengan Moya Tunggu Hasil Evaluasi BPKP.

Sedianya, Tony mengklaim akan banyak keuntungan yang bisa diambil dari kerjasama itu. Selain kebutuhan air bersih masyarakat bisa terpenuhi, investasi PT Moya akan nantinya juga akan menjadi milik DPAM TB.

Diketahui, kerja sama pengembangan air bersih PDAM TB dengan PT Moya Indonesia sedianya sudah diteken sejak tahun 2012 lalu. Namun, progres kerjasama itu sempat tersendat dan baru kembali terlihat saat ini.(ges)

Berita Terbaru