oleh

Olahraga Dilakukan dalam Mobil Saat Mudik, Kenapa Tidak?

Kabar6-Macet saat perjalanan udik menjadi hal yang biasa terjadi tiap tahun. Kondisi macet terkadang membuat jenuh Anda, terlebih yang membawa kendaraan pribadi, karena tubuh terasa letih.

Sementara karena terlalu lama duduk dalam kendaraan, tubuh mulai terasa pegal-pegal hingga kesemutan. Apabila Anda mengalami hal ini, lebih baik alihkan kebosanan saat mudik lebaran, dengan melakukan beberapa olahraga ringan di dalam mobil. Bagaimana caranya? Melansir beberapa sumber, berikut uraiannya:

1. Sit-up
Olahraga ini bisa diawali dengan mengatur kursi mobil pada posisi antara berbaring dan bersandar, atau sedikit agak miring. Letakkan kedua tangan di dada, kemudian lakukan gerakan sit-up seperti biasa.

Fokuskan latihan pada otot perut. Imbangi dengan mengeluarkan napas setiap kali menarik tubuh ke atas. Stephanie Mansoer, personal trainer dari the Beauty Bean, merekomedasikan latihan otot perut ini sebanyak 20 kali.

2. Push-up
Caranya lewat posisi push-up dengan menempatkan badan tepat di bagian tengah kursi depan, menghadap ke belakang. Posisikan kedua tangan di kursi belakang, dan kedua kaki tepat di atas dashboard mobil. Lakukan gerakan push-up sebanyak 10 kali.

3. Pull-up
Pull-up di dalam mobil dapat dilakukan dengan mengambil posisi telentang menghadap langit-langit mobil dengan badan di kursi belakang, dan kedua kaki masih di atas dashboard mobil.

Jika sudah, pegang handle di kedua sisi samping langit-langit mobil, kemudian tarik dada ke atas, sebagaimana gerakan pull-up pada umumnya sebanyak 10 kali.

4. Latihan ringan untuk leher
Pundak dan leher termasuk bagian tubuh yang rawan lelah selama berkendara. Health Xchange Singapura merekomendasikan untuk melakukan latihan ringan pada leher. Ambil posisi duduk tegak, kemudian hadapkan kepala ke kiri dan kanan, masing-masing selama lima detik.

Lanjutkan dengan memiringkan kepala hingga menyentuh bahu kiri dan kanan, masing-masing juga lima detik. Kemudian, ganti arahkan kepala ke atas dan ke bawah, masing-masing lima detik. Ulangi gerakan-gerakan tersebut sebanyak lima kali, hingga leher terasa lebih rileks.

Olahraga ringan seperti memutar leher, menarik dan meregangkan badan di dalam mobil, bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri, melancarkan peredaran darah, serta melemaskan otot agar tidak tegang selama berkendara.

Lakukan olahraga ringan ini saat sedang macet panjang atau berhenti di rest area, agar tubuh tetap bugar dan fit.(ilj/bbs)

Berita Terbaru