oleh

NASA Buka Lowongan Sukarelawan yang Berniat Hidup di Mars

Kabar6-NASA mulai membuka lowongan bagi empat orang sukarelawan untuk tinggal selama satu tahun di Mars Dune Alpha, yaitu habitat planet Mars tiruan seluas 518 meter persegi, yang dibuat oleh printer 3 Dimensi, dan berada di dalam gedung di Johnson Space Center di Houston, Amerika Serikat.

Para sukarelawan yang digaji NASA, melansir SCMP, akan mengerjakan simulasi misi eksplorasi Mars lengkap dengan spacewalks, komunikasi terbatas di rumah, makanan dan sumber daya terbatas serta simulasi kegagalan peralatan. NASA merencanakan tiga percobaan ini dengan yang pertama dimulai pada musim gugur tahun depan. Makanan semuanya akan menjadi makanan luar angkasa siap saji dan saat ini tidak ada jendela yang direncanakan.

Proses pembukaan lowongan sukarelawan ini memiliki persyaratan ketat, termasuk gelar master di bidang sains, teknik atau matematika atau pengalaman pilot. Hanya warga negara Amerika atau penduduk tetap AS yang memenuhi syarat. Pelamar harus berusia antara 30 dan 55, dalam kesehatan fisik yang baik tanpa masalah diet dan tidak rentan terhadap mabuk perjalanan.

Menurut mantan astronot Kanada, Chris Hadfield, hal itu menunjukkan NASA sedang mencari orang-orang yang dekat dengan profil astronaut. Hadfield menambahkan, itu hal yang baik karena merupakan eksperimen yang lebih baik jika pesertanya lebih mirip dengan orang yang benar-benar akan pergi ke Mars.

Menurut Hadfield, upaya Rusia di masa lalu dalam misi berpura-pura hidup di Mars yang disebut Mars 500 tidak berakhir dengan baik sebagian, karena orang-orangnya terlalu mirip dengan manusia biasa. ** Baca juga: Bocah Berusia 6 Tahun Dianggap Titisan Dewa Karena Punya ‘Ekor Rambut’

“Bagi orang yang tepat, ini bisa menjadi pengalaman luar biasa,” kata Hadfield, yang menghabiskan lima bulan di orbit pada 2013, di Stasiun Luar Angkasa Internasional, di mana ia bermain gitar dan menyanyikan video sampul ‘Space Oddity’ karya David Bowie.

Hadfield menuturkan, sikap disiplin adalah kuncinya. Para peserta harus banyak akal dan tidak bergantung pada orang lain untuk merasa nyaman.(ilj/bbs)

Berita Terbaru