oleh

Misteri Penampakan Sebuah Pesawat di Dasar Danau Harriet yang Terlihat pada Google Maps Akhirnya Terkuak

Kabar6-Dalam Google Maps, terlihat sebuah pesawat penumpang tenggelam di dasar Danau Harriet, Minneapolis, Amerika Serikat. Keberadaan pesawat misterius itu disebut sebagai misteri, dan berusaha terus dipecahkan oleh sekelompok peneliti.

Sementara otoritas lokal kebingungan, karena mereka tidak tahu jika ada puing pesawat di dasar danau tadi. Terlebih selama ini mereka belum pernah mendengar ada pesawat jatuh di lokasi tersebut.

Hingga akhirnya, melansir Dailymail, sebelum gambar tersebut memicu kontroversi lebih jauh dan memunculkan teori konspirasi tidak berujung, pihak Google pun buka suara. Juru bicara divisi Google Maps bernama Susan Cadrecha mengatakan, ada penjelasan sederhana untuk gambar tersebut.

Gambar semacam itu, menurut Susan, tercipta karena prosedur yang dipakai Google dalam membuat citra satelit. Jadi, ada dua gambar yang digabungkan menjadi satu. Pada gambar pertama, ada sebuah pesawat yang sedang melayang di atas danau, sementara pada gambar kedua, danau itu dipotret tanpa pesawat di atasnya.

eknologi tersebut kemudian menggabungkan kedua foto sehingga menimbulkan kesan bahwa ada sebuah pesawat di dasar danau. “Pendeknya, masing-masing gambar satelit yang Anda lihat di peta sejatinya adalah gabungan dari beberapa gambar,” jelas Susan.

Ditambahkan, “Objek-objek yang bergerak cepat seperti pesawat kadang muncul hanya di satu dari sekian banyak gambar satu tempat yang kami gabungkan menjadi satu.”

Danau Harriet memang berjarak sekira delapan kilometer dari Bandara St. Paul, Minneapolis. Danau itu juga dilalui jalur penerbangan pesawat.

Sejumlah gambar satelit Google juga memperlihatkan pesawat di tempat-tempat yang janggal. Misalnya, gambar pesawat penumpang yang terlihat di area bermain New York, atau sebuah pesawat yang terlihat di Samudra Atlantik, dekat kawasan Long Beach, New York. ** Baca juga: Honey Trap, Geng Wanita Sadis Asal Meksiko yang Targetkan Pria Sebagai Korbannya

Ya, banyak hal misterius yang ditemukan oleh manusia, dan belum terpecahkan hingga saat ini. (ilj/bbs)

Berita Terbaru